Skip to content
Home ยป 10 Hadits Keutamaan Berpuasa di Bulan Ramadhan

10 Hadits Keutamaan Berpuasa di Bulan Ramadhan

Puasa bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Selain menunjukkan kepatuhan kepada Allah, puasa juga membawa banyak keutamaan bagi siapa saja yang melakukannya dengan sungguh-sungguh. Berikut adalah 10 hadits tentang keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan yang sebaiknya diketahui oleh setiap muslim:

1. Puasa Ramadhan Bisa Membawa Pahala Yang Besar

Rasulullah SAW pernah berkata bahwa setiap amalan kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat di bulan Ramadhan. Dengan begitu, setiap kali berpuasa, kita akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

2. Puasa Ramadhan Bisa Membersihkan Dosa

Puasa Ramadhan juga bisa membersihkan dosa-dosa kita yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini disebutkan dalam hadits yang mengatakan bahwa "Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan harapan akan mendapatkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

3. Menambah Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Puasa Ramadhan bisa menjadi sarana untuk menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari disebutkan bahwa "Puasa adalah perisai (pelindung) yang bisa melindungi diri seseorang dari neraka."

4. Mendapat Pahala Seperti Orang Yang Berpuasa Tanpa Membatalkannya

Puasa Ramadhan juga bisa memberikan pahala seperti seseorang yang berpuasa selama satu tahun penuh tanpa membatalkannya. Hal ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah.

BACA JUGA:   5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan jiwa dan Raga

5. Dapat Ampunan Dari Allah SWT

Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam hadits yang mengatakan bahwa "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan harapan akan mendapatkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

6. Meningkatkan Kesabaran

Berpuasa selama sebulan penuh bisa meningkatkan kesabaran kita. Kita bisa belajar untuk menahan lapar, dahaga, serta mengontrol diri dari perilaku dan ucapan yang tidak baik.

7. Menjadi Kesempatan Untuk Meningkatkan Kualitas Ibadah

Puasa Ramadhan bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. Kita bisa lebih banyak membaca Al-Quran, melakukan ritual salat, dan memberikan sedekah pada sesama.

8. Meningkatkan Solidaritas Sosial

Puasa Ramadhan juga membawa manfaat bagi koneksi sosial kita dengan sesama muslim. Kita bisa berbagi makanan sahur atau berbuka puasa bersama-sama, serta memberikan bantuan untuk yang membutuhkan.

9. Meningkatkan Kedekatan Dengan Allah SWT

Puasa adalah ibadah yang penuh dengan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Nu’aim, Rasulullah SAW mengatakan bahwa "Perut orang berpuasa bisa menghalangi api neraka dari memasuki tubuhnya."

10. Menjadi Sarana Untuk Mendapatkan Syafaat dari Rasulullah SAW

Puasa Ramadhan juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa "Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan akan diijinkan keluar dari pintu syurga yang disebut Ar-rayyan."

Dengan mengetahui keutamaan dan manfaat dari berpuasa di bulan Ramadhan, kita diharapkan dapat melaksanakan ibadah secara khusyuk dan meraih pahala yang lebih besar di sisi Allah SWT. Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan untuk seluruh umat muslim di seluruh dunia.

BACA JUGA:   Asal Mula Puasa Ramadhan 30 Hari