Skip to content
Home » 10 Rukun Ibadah Umroh Yang Perlu Diketahui Sebelum Berangkat

10 Rukun Ibadah Umroh Yang Perlu Diketahui Sebelum Berangkat

Rukun ibadah umroh ada berapa?

Rukun Ibadah Umroh Ada Berapa? Pahami Rukun Umroh di Sini!

Sudah menjadi impian banyak umat muslim untuk menunaikan ibadah umroh. Namun, sebelum melakukannya, kamu harus memahami rukun umrah agar ibadahmu diterima oleh Allah SWT. Terdapat 5 rukun umrah yang harus kamu lakukan agar ibadah umrohmu sempurna atau sah.

Apa Itu Rukun Umrah?

Umrah adalah ibadah sunnah yang bisa dikerjakan kapan saja, namun lebih baik dilakukan di bulan-bulan suci seperti Ramadhan. Umrah juga dikenal sebagai ibadah minor, karena ia memiliki rukun dan pahala yang lebih rendah dibanding ibadah haji.

Rukun Umroh dan Cara Mengerjakannya

Berikut adalah 5 rukun umrah yang harus kamu lakukan:

  • Niat ibadah umrah
  • Memakai pakaian ihram
  • Tawaf (mendekati Ka’bah)
  • Sa’i (berjalan antara Shafa dan Marwah)
  • Tertib (menyembelih hewan)

1. Niat Ibadah Umrah

Niat adalah hal yang paling penting dalam ibadah umrah. Sebelum melakukan kegiatan apapun, kamu harus menyatakan niatmu dengan jelas. Niat ibadah umrah yang benar adalah dengan mengucapkan: “Aku niat melakukan umrah karena Allah SWT.”

2. Memakai Pakaian Ihram

Setelah niat, kamu harus memakai pakaian ihram. Pakaian ihram adalah pakaian yang harus dipakai oleh orang yang melakukan ibadah umrah. Pakaian ini terdiri dari dua helai kain yang dipakai sebagai pakaian. Kain tersebut dibagi menjadi tiga bagian: yang pertama dikenakan di bawah pinggang, yang kedua di atas bahu, dan yang ketiga di kepala.

BACA JUGA:   Menjelajahi Spiritualitas Dalam Kegiatan Umroh: Apa Saja Yang Dilakukan?

3. Tawaf

Kemudian, setelah memakai pakaian ihram, kamu harus melakukan tawaf. Tawaf adalah suatu aktivitas yang melibatkan berkeliling Ka’bah sebanyak 7 kali. Dalam melakukan tawaf, kamu harus berjalan dengan santai dan membaca doa-doa yang diajarkan dalam agama Islam.

4. Sa’i

Setelah tawaf, kamu harus melakukan sa’i. Sa’i adalah suatu aktivitas yang melibatkan berjalan antara Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Tentu saja, dalam melakukan sa’i ini kamu juga harus membaca doa-doa yang diajarkan dalam agama Islam.

5. Tertib

Setelah melakukan tawaf dan sa’i, kamu harus melakukan tertib. Tertib adalah menyembelih hewan dengan cara yang benar dan mengikuti syariat yang ditentukan dalam agama Islam. Biasanya, hewan yang digunakan adalah kambing atau domba, yang harus disembelih di tempat yang telah disediakan.

Kesimpulan

Demikianlah 5 rukun umrah yang harus kamu lakukan. Namun, ingat bahwa sebelum melakukan ibadah umrah, kamu harus memahami rukun umrah agar ibadahmu diterima oleh Allah SWT. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan memohon ampunan kepada-Nya. Semoga ibadah umrahmu sempurna dan diterima oleh Allah SWT.