Skip to content
Home » 10 Tempat Ibadah Haji yang Populer di Dunia

10 Tempat Ibadah Haji yang Populer di Dunia

Setiap tahunnya, milyaran umat Muslim dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Namun, sebelum sampai ke Mekah, mereka akan singgah terlebih dahulu di kota Jeddah, tempat kediaman sementara sebelum menuju Mekah. Di kota Jeddah, terdapat banyak tempat-tempat ibadah haji yang populer dan layak dikunjungi oleh jamaah haji. Berikut adalah sepuluh tempat ibadah haji populer di dunia yang wajib untuk dikunjungi:

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram yang terletak di Mekah, Arab Saudi, adalah tempat ibadah terbesar dan paling penting bagi umat Muslim. Di dalam Masjidil Haram terdapat Ka’bah, yang merupakan arah kiblat bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Jamaah haji juga akan berkeliling di sekitar Ka’bah sebanyak tujuh kali dalam rangka memenuhi rukun haji yang disebut Tawaf.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi, yang terletak di Madinah, adalah tempat pemakaman Nabi Muhammad SAW dan salah satu tempat ibadah terpenting bagi umat Muslim selain Masjidil Haram. Jamaah haji juga akan berdoa di Masjid Nabawi dan mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

3. Padang Arafah

Padang Arafah adalah tempat penting dalam pelaksanaan ibadah haji yang terletak di luar kota Mekah. Di sini, jamaah haji akan menghadap Allah SWT dengan memohon pengampunan dan berkumpul bersama-sama dalam doa bersama.

4. Muzdalifah

Muzdalifah adalah tempat yang menjadi tempat istirahat jamaah haji usai melaksanakan ibadah di Padang Arafah dan selanjutnya mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Mina.

BACA JUGA:   Sejarah Ibadah Haji dari Masa Pra-Islam Hingga Masa Islam

5. Mina

Mina terletak sekitar 5 km di luar kota Mekah dan di sini jamaah haji akan melempar jumrah dan melakukan ritual-ritual haji seperti penyembelihan hewan kurban.

6. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah tempat di Padang Arafah dimana Nabi Adam dan Hawa dipertemukan kembali oleh Allah SWT usai diusir dari Surga. Jamaah haji akan melakukan doa dan zikir di tempat suci ini.

7. Jabal Nur

Jabal Nur adalah gunung yang terletak di kota Mekah dimana terdapat Gua Hira tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah SWT. Jamaah haji akan mendaki gunung ini dan mengunjungi Gua Hira untuk merenungkan ajaran Islam.

8. Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun dalam sejarah Islam dan terletak di Madinah. Masjid ini juga sering dikunjungi jamaah haji sebagai tempat ibadah.

9. Masjid Al-Qiblatain

Masjid Al-Qiblatain adalah masjid tempat Nabi Muhammad SAW menerima perintah dari Allah untuk mengubah arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka’bah di Mekah. Masjid ini terletak di kota Madinah dan sering dikunjungi oleh jamaah haji sebagai tempat ibadah.

10. Masjid Al-Haramain

Masjid Al-Haramain adalah masjid yang terletak di Mekah dan sering dikunjungi oleh jamaah haji sebagai tempat ibadah. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan di dalamnya terdapat tempat suci seperti Rukun Yamani dan Multazam.

Demikian sepuluh tempat ibadah haji populer di dunia yang wajib dikunjungi. Pastikan Anda merencanakan kunjungan ke tempat-tempat ini dengan baik dan menghargai keberadaan tempat suci dalam memenuhi rukun-rukun ibadah haji. Semoga perjalanan Anda lancar dan diterima Allah SWT.