Skip to content
Home » 3 Jenis Haji: Pengetahuan dasar tentang Macam-macam Haji

3 Jenis Haji: Pengetahuan dasar tentang Macam-macam Haji

Macam macam haji ada berapa?

Haji adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Setiap tahunnya, ribuan jemaah haji dari seluruh dunia berkumpul di Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Ada beberapa jenis haji yang dapat dilakukan, dan dalam artikel ini kita akan membahas tiga jenis haji yaitu Haji Tamattu, Haji Ifrad, dan Haji Qiran.

  1. Haji Tamattu Haji Tamattu adalah melakukan amalan umrah terlebih dahulu selama musim haji, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah haji. Haji Tamattu adalah jenis haji yang paling banyak dilakukan oleh jemaah haji dari seluruh dunia.
  2. Haji Ifrad Haji Ifrad adalah jenis haji dengan hanya melakukan ibadah haji tanpa melakukan umrah pada bulan haji. Haji Ifrad dapat dilakukan oleh jemaah haji yang memiliki niat untuk melaksanakan ibadah haji tanpa melakukan umrah.
  3. Haji Qiran Haji Qiran adalah jenis haji dengan melakukan ibadah umrah dan haji secara bersamaan. Haji Qiran adalah pilihan bagi jemaah haji yang ingin melakukan ibadah haji dan umrah secara bersamaan dan tanpa terpisah.

Dengan memahami macam-macam haji, jemaah haji dapat memilih jenis haji yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan informasi yang berguna bagi para jemaah haji.

BACA JUGA:   Daftar Petugas Haji Kanwil Kemenag Sumut 2019