Skip to content
Home » 5 Doa Minta Haji Mabrur yang Harus Diketahui Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

5 Doa Minta Haji Mabrur yang Harus Diketahui Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan setidaknya sekali seumur hidup bagi umat muslim yang mampu. Namun, kali ini kita tidak akan membahas mengenai pentingnya menjalankan ibadah haji tersebut, melainkan doa minta haji mabrur yang harus diketahui sebelum berangkat ke tanah suci.

Dalam menjalankan ibadah haji, kita tentu ingin mendapatkan pahala yang sebesar-besarnya dan meminta keredhaan dari Allah SWT. Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 doa minta haji mabrur yang wajib diketahui:

1. Doa Awal Pergi

Doa awal pergi merupakan doa yang pertama kali dibaca sebelum melaksanakan perjalanan ke tanah suci. Berikut adalah doa tersebut:

اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوَعَّنَّا بَعْدهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Artinya:

Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini dan penuhilah kami dengan ketaatan setelah perjalanan ini. Ya Allah, Engkau yang menemani kami dalam setiap perjalanan, serta memelihara keluarga kami yang ditinggalkan. Ya Allah, kami memohon perlindungan kepada-Mu dari kelelahan perjalanan, kecemasan dan kegundahan hati, serta dari kemalangan di dalam harta dan keluarga.

2. Doa di Makkah

Di Makkah, sebelum memulai ibadah haji, kita disunahkan untuk membaca doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا اسْتَعَاذَ مِنْهُ فِيهِ نَبِيُّكَ وَهَابِيبِكَ

Artinya:

Ya Allah, kami berlindung pada-Mu dari kejahatan-kejahatan yang dijaga-Nya dari Nabi-Mu dan orang-orang yang dekat dengan Engkau.

3. Doa di Bukit Shafa dan Marwah

Di tempat suci ini, kita disunahkan untuk membaca doa sebagai berikut:

إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ۔

Artinya:

Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah termasuk syiar-syiar Allah, maka tidak berdosa bagi orang yang melakukan haji atau umrah untuk mengerjakannya. Barangsiapa melakukan kebajikan dengan suka rela, maka sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Mengetahui.

4. Doa di Arafah

Doa di Arafah merupakan doa yang sangat mustajab, karena saat di Arafah merupakan waktu yang sangat dekat dengan Allah SWT. Berikut adalah doa di Arafah:

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ۔

Artinya:

Tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan dan segala puji tertentu bagi-Nya. Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.

5. Doa Saat Selesai Melaksanakan Rami

Saat selesai melaksanakan rami, kita disunahkan membaca doa sebagai berikut:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ

Artinya:

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Itulah 5 doa minta haji mabrur yang harus diketahui sebelum berangkat ke tanah suci. Ingatlah untuk selalu mengamalkannya agar ibadah haji yang dilakukan menjadi berkah dan diterima oleh Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang akan menjalankan ibadah haji.

BACA JUGA:   Bacaan Doa Naik Haji: Cara Tepat Memohon Kesuksesan Ibadah Haji