Skip to content
Home » 6 gambar rangkaian ibadah haji yang penting untuk diketahui

6 gambar rangkaian ibadah haji yang penting untuk diketahui

Ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu melakukan perjalanan ke Mekah. Proses pelaksanaan ibadah haji terdiri dari banyak tahapan, mulai dari menyiapkan diri hingga sampai kembali ke tanah air. Sebagai seorang calon haji, kita perlu memahami setiap tahapan yang akan dilalui saat melakukan ibadah haji. Berikut adalah beberapa gambar rangkaian ibadah haji yang penting untuk diketahui:

1. Rukun Islam yang kelima

Ibadah haji termasuk dalam rukun Islam yang kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim. Ini artinya, seluruh umat muslim yang telah mampu finansial dan fisik untuk melakukan ibadah haji wajib melaksanakannya. Melaksanakan ibadah haji adalah simbol kesatuan umat muslim, karena seluruh muslim dari seluruh dunia berkumpul di satu tempat yang sama yaitu Mekah.

2. Ihram

Sebelum memulai ibadah haji, kita harus memperbaharui niat dan berpakaian dengan pakaian khusus yang disebut Ihram. Pakaian ini terdiri dari dua lembar kain putih yang merupakan simbol kesederhanaan dan kerendahan hati. Melakukan ihram artinya kita telah memasuki keadaan sucinya pelaksanaan ibadah haji, dan selama memakai pakaian ihram ada banyak hal yang harus dihindari seperti tidak memotong rambut atau memotong kuku.

3. Tawaf

Setelah memasuki Masjidil Haram di Mekah, para jamaah haji melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Tawaf dilakukan dengan arah berputar ke sekeliling Ka’bah dan sambil membaca doa yang khusus. Melakukan tawaf merupakan suatu ibadah yang melambangkan keberanian dan tekad untuk memperbaiki diri.

4. Sa’i

Setelah selesai melakukan tawaf, para jamaah haji melakukan sa’i. Sa’i adalah berjalan cepat dari bukit Shafa ke Marwah dan sebaliknya, sebanyak tujuh kali. Sa’i adalah suatu ibadah sebagai pengingat akan kegigihan Hajar ketika mencari air untuk anaknya Ismail.

BACA JUGA:   Daftar Jamaah Haji yang Wafat di Tahun 2018

5. Wuquf di Arafah

Wuquf di Arafah adalah puncak dari seluruh rangkaian ibadah haji. Pada hari ini, jamaah haji berkumpul di Padang Arafah dan berdoa serta memohon ampun kepada Allah. Pada hari ini, Allah menurunkan rahmat dan pengampunanNya untuk seluruh umat muslim.

6. Mabit di Muzdalifah

Setelah wuquf di Arafah, selanjutnya jamaah haji melakukan mabit di Muzdalifah. Di sini jamaah haji mengumpulkan batu kecil yang nantinya akan digunakan untuk melempar jumrah di Mina. Melakukan mabit di Muzdalifah juga memberikan kesempatan untuk beristirahat dan refleksi.

Dalam rangkaian ibadah haji, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh calon jamaah haji, seperti pakaian yang digunakan, makanan yang dikonsumsi, dan waktu yang tepat untuk melakukan ibadah. Sebelum melakukan ibadah haji, ada baiknya kita melakukan persiapan yang matang dan mempelajari lebih lanjut tentang seluruh rangkaian ibadah haji. Mari kita bergandengan tangan dalam melaksanakan ibadah haji dan berdoa agar seluruh umat muslim di seluruh dunia dapat menunaikan ibadah haji dengan khusyuk dan lancar.

Kesimpulan

Melakukan ibadah haji merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap muslim. Di Mekah, kita akan menemukan banyak sekali jamaah haji dari berbagai belahan dunia yang datang untuk melaksanakan ibadah yang sama. Rangkaian ibadah haji yang kompleks terdiri dari banyak tahapan yang saling berkaitan, dan setiap tahapan memiliki keunikan tersendiri. Dengan memahami setiap tahapan dan melakukan persiapan yang matang, diharapkan kita dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk, lancar, dan meraih ridha Allah.