Skip to content
Home » 7 Kegiatan Penting Yang Dilakukan Saat Melaksanakan Umroh

7 Kegiatan Penting Yang Dilakukan Saat Melaksanakan Umroh

Apa yang dilakukan saat Umroh?

Apa yang dilakukan saat Umroh?

Umroh adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat Muslim. Ibadah ini merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Umroh memiliki tata cara yang jelas dan harus dipatuhi oleh setiap orang yang akan melaksanakannya. Umroh merupakan ibadah yang memerlukan persiapan yang baik sebelum melaksanakannya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum melaksanakan ibadah umroh:

1. Persiapan Sebelum Ihram

Jika seorang hendak melaksanakan umrah, dianjurkan mempersiapkan diri sebelum berihram. Hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah: mengumpulkan baju ihram, tas ihram, uang, makanan, dan lain sebagainya. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum berihram yaitu:

  • Menyembelih hewan qurban
  • Tahallul (mencabut dan memotong rambut) atau membersihkan jenggot
  • Mandi wajib

2. Berihram

Berihram adalah salah satu tahapan penting dalam ibadah umroh. Berihram adalah memakai baju ihram yang terdiri dari dua helai kain tanpa jahitan dan dikenakan pada tubuh. Biasanya baju ihram dikenakan di desa Miqat. Di desa Miqat ini juga harus dikumandangkan kalimat ihram.

3. Kalimat Persyaratan

Setelah berihram, seorang Muslim harus mengucapkan kalimat persyaratan yang berisi niat umroh dan menyatakan bahwa umroh tersebut adalah ibadah yang diwajibkan. Kalimat ini harus diucapkan sebelum melewati garis Miqat.

4. Kalimat Talbiah

Setelah mengucapkan kalimat persyaratan, seorang Muslim harus mengucapkan kalimat talbiah yang berisi doa kepada Allah SWT. Kalimat talbiah ini harus diucapkan selama perjalanan dari garis Miqat menuju kota Mekkah.

5. Masuk Masjidil Haram

Setelah sampai di Mekkah, seorang Muslim harus masuk ke dalam Masjidil Haram untuk melakukan ritual umroh. Sebelum masuk ke dalam Masjidil Haram, seorang Muslim harus berwudhu dan mengucapkan doa.

BACA JUGA:   Hitung-hitungan Dana Pergi Umroh: Berapa Biaya Yang Perlu Dipersiapkan?

6. Menuju Hajar Aswad

Setelah masuk ke dalam Masjidil Haram, seorang Muslim harus menuju ke Hajar Aswad. Di sini, seorang Muslim harus melakukan tawaf. Tawaf adalah salah satu rukun umroh yang harus dilakukan.

7. Tawaf 7 Kali Putaran

Setelah sampai di Hajar Aswad, seorang Muslim harus melakukan tawaf sebanyak 7 kali putaran. Tawaf ini merupakan salah satu rukun umroh yang harus dilakukan. Pada saat melakukan tawaf, seorang Muslim harus berdoa kepada Allah SWT dengan penuh khusyuk.

8. Kembali ke Hajar Aswad

Setelah melakukan tawaf sebanyak 7 kali putaran, seorang Muslim harus kembali ke Hajar Aswad. Di sini, seorang Muslim harus berdiri di hadapan Hajar Aswad dan mengucapkan doa-doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Itulah beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan saat melaksanakan ibadah umroh. Anda harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum melaksanakan ibadah umroh. Jika Anda melaksanakan ibadah umroh dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan, insya Allah Allah SWT akan menerima ibadah Anda.