Skip to content
Home » Ada berapakah jenis haji?

Ada berapakah jenis haji?

Ada berapakah jenis haji?

Ada Berapa Jenis Haji?

Haji adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam. Ibadah haji ini merupakan salah satu bentuk dari pengabdian kepada Allah SWT, seorang muslim diwajibkan melakukannya setidaknya sekali dalam seumur hidup. Namun, tahukah Anda bahwa jenis haji itu sendiri ada beberapa macam?

Haji dapat dilakukan dengan banyak cara, namun ada tiga jenis haji yang paling umum dan paling sering dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia, yaitu haji ifrad, haji qiran, dan haji tamattu’. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai ketiga jenis haji tersebut secara lebih rinci.

Apa Itu Haji Ifrad?

Haji ifrad adalah jenis haji yang paling sering dilakukan dan paling mudah untuk dilakukan. Istilah ifrad berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai “satu orang yang tertentu”. Haji ifrad adalah jenis haji yang dilakukan secara sendirian tanpa adanya kelompok haji.

Dalam melakukan haji ifrad, seorang muslim harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT. Seorang muslim harus melakukan semua tahapan haji dengan tepat dan sesuai dengan syariat Islam. Seorang muslim harus berada di Ka’bah selama satu hari, lalu melakukan tawaf (perjalanan berputar di sekitar Ka’bah), serta melakukan sa’i (perjalanan dari bukit Shafa ke bukit Marwah).

Apa Itu Haji Qiran?

Haji qiran adalah jenis haji yang kedua setelah haji ifrad. Istilah qiran berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai “dua orang yang tertentu”. Haji qiran adalah jenis haji yang dilakukan oleh dua orang muslim.

Dalam melakukan haji qiran, dua orang muslim harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT. Mereka harus melakukan semua tahapan haji dengan tepat dan sesuai dengan syariat Islam. Mereka harus berada di Ka’bah selama satu hari, lalu melakukan tawaf (perjalanan berputar di sekitar Ka’bah), serta melakukan sa’i (perjalanan dari bukit Shafa ke bukit Marwah).

BACA JUGA:   No porsi haji terletak dimana?

Haji qiran berbeda dengan haji ifrad karena dalam haji qiran dua orang muslim harus melakukan tahapan haji yang sama. Selain itu, dalam haji qiran, dua orang muslim harus melakukan hal yang sama di setiap tahapan haji.

Apa Itu Haji Tamattu’?

Haji tamattu’ adalah jenis haji yang ketiga setelah haji ifrad dan haji qiran. Istilah tamattu’ berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai “bersih”. Haji tamattu’ adalah jenis haji yang dilakukan oleh seorang muslim dengan menjalankan ibadah haji di tahun yang berbeda.

Dalam melakukan haji tamattu’, seorang muslim harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT. Seorang muslim harus melakukan semua tahapan haji dengan tepat dan sesuai dengan syariat Islam. Seorang muslim harus berada di Ka’bah selama satu hari, lalu melakukan tawaf (perjalanan berputar di sekitar Ka’bah), serta melakukan sa’i (perjalanan dari bukit Shafa ke bukit Marwah).

Haji tamattu’ berbeda dengan haji ifrad dan haji qiran karena dalam haji tamattu’ seorang muslim harus melakukan ibadah haji di dua tahun yang berbeda. Pada tahun pertama, seorang muslim harus berada di Ka’bah dan melakukan tawaf dan sa’i, dan pada tahun kedua, seorang muslim harus melakukan ibadah haji di tanah suci Mekkah.

Kesimpulan

Haji adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam. Ada tiga jenis haji yang umum dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia, yaitu haji ifrad, haji qiran, dan haji tamattu’. Ketiga jenis haji tersebut memiliki perbedaan-perbedaan, namun tujuannya sama, yaitu untuk melakukan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam.

FAQs

Q1. Apa maksud haji?

A1. Haji adalah ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam. Ibadah haji merupakan salah satu bentuk dari pengabdian kepada Allah SWT, dimana seorang muslim diwajibkan melakukannya setidaknya sekali dalam seumur hidup.

BACA JUGA:   Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji Ifrad Beserta Gambarnya

Q2. Apa itu haji ifrad?

A2. Haji ifrad adalah jenis haji yang paling sering dilakukan dan paling mudah untuk dilakukan. Istilah ifrad berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai “satu orang yang tertentu”. Dalam melakukan haji ifrad, seorang muslim harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT, yaitu melakukan tawaf (perjalanan berputar di sekitar Ka’bah), serta melakukan sa’i (perjalanan dari bukit Shafa ke bukit Marwah).

Q3. Apa itu haji qiran?

A3. Haji qiran adalah jenis haji yang kedua setelah haji ifrad. Istilah qiran berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai “dua orang yang tertentu”. Haji qiran adalah jenis haji yang dilakukan oleh dua orang muslim. Dalam melakukan haji qiran, dua orang muslim harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT, yaitu melakukan tawaf (perjalanan berputar di sekitar Ka’bah), serta melakukan sa’i (perjalanan dari bukit Shafa ke bukit Marwah).

Q4. Apa itu haji tamattu’?

A4. Haji tamattu’ adalah jenis haji yang ketiga setelah haji ifrad dan haji qiran. Istilah tamattu’ berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai “bersih”. Haji tamattu’ adalah jenis haji