Skip to content
Home » Alhamdulillah Masih Bisa Puasa Ramadhan Lagi 2018

Alhamdulillah Masih Bisa Puasa Ramadhan Lagi 2018

Ramadhan merupakan bulan suci yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini, umat Muslim menahan diri dari makan, minum, dan melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari fajar hingga terbenam matahari. Selain itu, Ramadhan juga menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan di mana kebajikan yang dilakukan akan dilipatgandakan menjadi lebih banyak dari biasanya.

Alhamdulillah masih bisa puasa Ramadhan lagi 2018! Bagi umat Muslim yang diberikan kesempatan oleh Allah untuk merasakan bulan suci ini, tidak ada yang lebih membahagiakan daripada melaksanakan ibadah dengan penuh rasa syukur. Yang terpenting dalam puasa Ramadhan adalah niat yang tulus dan ikhlas untuk meraih ampunan dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Selain itu, dalam menjalankan puasa Ramadhan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar puasa menjadi sah dan diterima oleh Allah. Pertama, niat puasa harus dilakukan sebelum fajar. Kedua, selama berpuasa, harus menahan diri dari makan, minum, dan melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Ketiga, menjaga perbuatan dan ucapan agar tetap pantas dan beretika. Keempat, meningkatkan kegiatan ibadah seperti sholat, membaca Al-Quran, dan berusaha melakukan kebajikan.

Puasa Ramadhan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu membersihkan racun dalam tubuh, menurunkan berat badan, dan meningkatkan ketahanan tubuh. Selain itu, puasa juga dapat membantu melatih kesabaran dan ketekunan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam menjalankan puasa Ramadhan, perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat berbuka. Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan menghindari makanan yang berlemak dan berat sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa.

BACA JUGA:   Ajip Rosidi Puasa Ramadhan: Menelusuri Tradisi Puasa di Indonesia dengan Seorang Penyair

Kesimpulannya, Alhamdulillah masih bisa puasa Ramadhan lagi 2018 adalah ucapan syukur karena Allah memberikan kesempatan dan kemudahan bagi umat Muslim untuk melaksanakan ibadah puasa. Selama menjalankan puasa, diperlukan komitmen dan kesabaran agar puasa sah dan diterima oleh Allah. Puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan dapat membantu melatih kesabaran dan ketekunan. Oleh karena itu, marilah kita menjalankan puasa Ramadhan dengan penuh semangat dan rasa syukur.

Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan

Puasa Ramadhan tidak hanya memiliki manfaat spiritual, tetapi juga memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan:

  1. Membersihkan racun dalam tubuh

Puasa Ramadhan membantu tubuh membersihkan racun yang ada di dalam tubuh dan memperbaiki fungsi organ dalam tubuh.

  1. Menurunkan berat badan

Selama puasa Ramadhan, asupan makan dan minuman berkurang sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan ketahanan tubuh

Puasa Ramadhan juga dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

  1. Melatih kesabaran dan ketekunan

Melakukan puasa Ramadhan dapat membantu melatih kesabaran dan ketekunan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Makanan yang Disarankan dan Dihindari Saat Berbuka

Dalam menjalankan puasa Ramadhan, perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat berbuka. Berikut beberapa makanan yang disarankan dan dihindari saat berbuka:

Makanan yang Disarankan

  • Buah-buahan segar
  • Sayuran hijau dan segar
  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
  • Makanan yang mengandung protein kaya
  • Minuman yang mengandung elektrolit

Makanan yang Dihindari

  • Minuman yang mengandung kafein
  • Makanan yang mengandung garam dan gula berlebih
  • Makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans
  • Makanan cepat saji dan makanan kaleng

Kesimpulan

Puasa Ramadhan adalah ibadah yang sangat dihargai dan dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Dalam menjalankannya, perlu memperhatikan niat yang tulus dan ikhlas, serta menjaga perbuatan dan ucapan agar tetap pantas dan beretika. Puasa Ramadhan juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan dapat membantu melatih kesabaran dan ketekunan. Oleh karena itu, mari kita meraih keberkahan dan ampunan dengan melaksanakan puasa Ramadhan dengan penuh semangat dan rasa syukur. Alhamdulillah masih bisa puasa Ramadhan lagi 2018!

BACA JUGA:   Amalan Puasa Ramadhan Hari Ke 5 Shahih