Skip to content
Home » Alur Cara Daftar Haji

Alur Cara Daftar Haji

Haji adalah salah satu ibadah yang sangat penting bagi umat Muslim. Setiap tahunnya, jutaan umat Muslim dari berbagai negara datang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Namun, untuk dapat menunaikan ibadah haji, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui, salah satunya adalah proses pendaftaran haji.

Berikut ini adalah alur cara daftar haji:

1. Pendaftaran Calon Jamaah Haji Online

Pendaftaran calon jamaah haji online dilakukan melalui situs resmi Kementerian Agama atau melalui aplikasi e-Haji. Calon jamaah haji diwajibkan memiliki akun pendaftaran yang dapat didaftarkan melalui situs tersebut. Setelah memiliki akun, calon jamaah haji dapat melakukan pendaftaran secara online dengan mengisi data diri dan dokumen yang diperlukan.

2. Seleksi Calon Jamaah Haji

Setelah melakukan pendaftaran, calon jamaah haji akan menjalani proses seleksi oleh Kementerian Agama. Seleksi ini dimaksudkan untuk memfilter calon jamaah haji yang memenuhi syarat dan memiliki kebugaran fisik yang memadai untuk melaksanakan ibadah haji. Calon jamaah haji yang lolos seleksi akan mendapatkan nomor porsi haji.

3. Pembayaran Biaya Haji

Setelah mendapatkan nomor porsi haji, calon jamaah haji diwajibkan untuk membayar biaya haji sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama. Pembayaran biaya haji dapat dilakukan melalui bank syariah yang telah ditunjuk oleh Kementerian Agama.

4. Pengurusan Dokumen Paspor dan Visa

Calon jamaah haji yang telah membayar biaya haji akan mendapatkan kelengkapan dokumen paspor dan visa untuk masuk ke Saudi Arabia dari panitia penyelenggara haji. Calon jamaah haji wajib menyelesaikan pengurusan paspor dan visa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

BACA JUGA:   Keutamaan dan Keistimewaan Ibadah Haji

5. Pemberangkatan ke Tanah Suci

Setelah semua persiapan selesai, calon jamaah haji siap untuk berangkat ke Tanah Suci. Pemberangkatan dilakukan secara berkelompok dan diawasi oleh petugas dari Kementerian Agama serta panitia penyelenggara haji.

6. Pelaksanaan Ibadah Haji

Setelah tiba di Tanah Suci, calon jamaah haji akan menjalani tahapan-tahapan ibadah haji seperti wukuf di Arafah, melakukan thawaf di Ka’bah, throwing jamarat dan lain-lain. Selama menjalankan semua tahapan ibadah haji, calon jamaah haji akan mendapatkan bimbingan dari petugas dari Kementerian Agama dan panitia penyelenggara haji.

7. Kepulangan ke Tanah Air

Setelah menyelesaikan seluruh tahapan ibadah haji, calon jamaah haji kembali ke Tanah Air dengan membawa kenangan yang tak terlupakan. Kepulangan dilakukan secara berkelompok dan diawasi oleh petugas dari Kementerian Agama serta panitia penyelenggara haji.

Demikianlah alur cara daftar haji yang harus dilalui oleh calon jamaah haji. Bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah haji, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti alur cara daftar haji dengan benar. Semoga article ini dapat memberikan wawasan yang berguna bagi Anda.