Skip to content
Home » Amalan Sunnah Puasa Ramadhan yang Sering Ditinggalkan

Amalan Sunnah Puasa Ramadhan yang Sering Ditinggalkan

Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan fisik dan mental maupun bagi kehidupan spiritual kita. Namun, tidak sedikit orang yang hanya berpuasa tanpa memperhatikan amalan sunnah yang seharusnya dilakukan selama bulan Ramadhan ini.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa amalan sunnah puasa Ramadhan yang sering ditinggalkan dan seharusnya kita lakukan untuk memperbanyak pahala serta mendekatkan diri kepada Allah.

1. Makan Sahur dengan Banyak Nutrisi

Makan sahur adalah salah satu kebiasaan yang disunnahkan saat berpuasa di bulan Ramadhan. Namun, banyak orang yang hanya makan secukupnya atau bahkan tidak makan sahur sama sekali. Padahal, makan sahur dengan nutrisi yang cukup dan seimbang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan memberikan energi yang cukup selama berpuasa.

2. Membaca Al-Quran Setiap Hari

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Oleh karena itu, membaca Al-Quran setiap hari pada bulan ini menjadi amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Selain mendapatkan pahala yang besar, kita juga dapat meningkatkan kecintaan kita kepada kitab suci kita.

3. Berbuka dengan Makanan Ringan dan Air Putih

Setelah seharian berpuasa, banyak orang yang langsung menyantap makanan berat saat berbuka. Padahal, hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memulai berbuka dengan makanan ringan dan minum air putih terlebih dahulu, kemudian baru mengonsumsi makanan berat.

BACA JUGA:   Hukum Puasa Sunnah Menjelang Ramadhan

4. Memberikan Sedekah atau Infak

Salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam bulan Ramadhan adalah memberikan sedekah atau infak. Kita dapat memberikan sedekah dalam bentuk apapun, baik itu mengalokasikan sebagian penghasilan kita untuk membantu orang lain atau memberikan bantuan secara langsung kepada yang membutuhkan.

5. Memperbanyak Doa dan Dzikir

Selain melakukan ibadah puasa, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak doa dan dzikir pada bulan Ramadhan. Selain dapat memperbanyak pahala, kita juga dapat merasakan keberkahan dan ketenangan hati saat berdzikir dan berdoa.

6. Beriktikaf di Tempat Ibadah

Beriktikaf di tempat ibadah atau masjid saat menjelang akhir bulan Ramadhan adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Dalam waktu 10 hari terakhir bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan beriktikaf di masjid untuk mendapatkan pahala yang besar.

7. Menghindari Ghibah dan Dendam

Bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan hati dan merenungkan kehidupan kita. Oleh karena itu, kita harus menghindari perbuatan seperti ghibah atau membicarakan orang di belakangnya serta dendam yang dapat merusak relasi kita dengan orang lain.

Dengan melakukan amalan sunnah puasa Ramadhan di atas, kita dapat memperbanyak pahala serta mendekatkan diri kepada Allah. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan lagi kualitas ibadah kita pada bulan Ramadhan ini!