Skip to content
Home » Ancaman Bagi yang Tidak Berpuasa Ramadhan

Ancaman Bagi yang Tidak Berpuasa Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Namun, masih ada beberapa orang yang tidak menjalankan kewajiban berpuasa ini dengan benar.

Bagi yang tidak berpuasa dengan sengaja, mereka akan mendapat ancaman dari Allah SWT. Ancaman ini tidak hanya untuk kehidupan di dunia, tetapi juga untuk kehidupan di akhirat nanti.

Berikut adalah beberapa ancaman bagi yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan:

Dosa yang Besar

Tidak berpuasa di bulan Ramadhan adalah dosa besar. Hal ini tercantum dalam Al-Quran, yang menyatakan bahwa orang-orang yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan berdosa besar.

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 185, Quran menyatakan: "Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al-Quran diturunkan, menjadi petunjuk bagi manusia dan keterangan-keterangan yang menjelaskan petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (berada di negeri tempat dia berdiam) di bulan itu, maka hendaklah dia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah karena diwahyukan-Nya kepadamu Al-Quran itu. Mudah-mudahan kamu berterima kasih".

Kesusahan di Hari Kiamat

Menghindari berpuasa di bulan Ramadhan adalah tindakan yang tidak hanya berdampak pada kehidupan seseorang di dunia ini, tetapi juga di hari Kiamat kelak. Orang yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan akan menemukan kesulitan besar di hari penghakiman.

BACA JUGA:   Apakah Puasa Bulan Ramadhan Wajib?

Seperti yang disebutkan dalam Hadis Riwayat Ibnu Khuzaimah, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa tidak berpuasa dalam satu hari Ramadhan tanpa ada udzur yang sah maka ia sama saja telah melakukan perbuatan zina dengan ibunya.".

Tidak Terima Doa

Seorang muslim yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan juga tidak akan menerima doa mereka. Doa-doa mereka tidak akan dikabulkan oleh Allah karena mereka telah melanggar salah satu kewajiban yang telah ditetapkan Allah.

Seperti yang disebutkan dalam Hadis Riwayat As-Suyuti, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa tidak berpuasa satu hari di bulan Ramadhan tanpa udzur yang sah, maka Allah tidak akan menerima amal kebaikan yang dilakukan selama sepanjang hidupnya".

‘Ibadah yang Tidak Lengkap

Orang yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan juga tidak dapat menyelesaikan kewajiban ibadah mereka secara sempurna. Berpuasa adalah salah satu bentuk ibadah utama dalam agama Islam, dan tidak menjalankan kewajiban ini berarti kekurangan dalam ‘ibadah.

Allah berfirman dalam Al-Quran, "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku" (QS. Adz-Dzariyat: 56).

Kesulitan di Dunia dan Akhirat

Menghindari berpuasa di bulan Ramadhan juga dapat menyebabkan masalah di dunia dan akhirat. Orang yang melanggar kewajiban ini dapat menemukan kesulitan dalam hidup mereka seperti kegagalan, keguguran, dan banyak lagi.

Sementara itu, masalah juga akan muncul di akhirat. Allah akan memeriksa setiap orang atas perbuatannya di dunia ini, dan orang yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan akan mendapat hukuman yang setimpal.

Kesimpulan

Maka dari itu, bagi umat muslim di seluruh dunia, kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan harus dipenuhi dengan sungguh-sungguh. Menghindari kewajiban ini dapat menyebabkan dosa besar, kesulitan di akhirat, dan masalah di dunia.

BACA JUGA:   5 Perusak Puasa Ramadhan

Dalam bulan suci ini, kita harus sering introspeksi diri, memperbaiki diri, dan menjauhi tindakan-tindakan dosa. Semoga kita semua dapat menjalankan kewajiban sebagai umat muslim yang baik sesuai dengan ajaran agama Islam. Amin.