Skip to content
Home » Apa Arti Zakat Secara Harfiah?

Apa Arti Zakat Secara Harfiah?

Pengertian Zakat

Zakat merupakan salah satu bentuk ibadah dalam Islam yang menyerupai amal sholeh. Yakni, sedekah atau memberikan harta yang dimiliki kepada orang yang membutuhkan. Secara harfiah, zakat bermakna tumbuh atau berkembang, menunjukkan adanya perubahan dan pembaharuan untuk mencapai kemajuan.

Manfaat Zakat

Tak hanya membantu masyarakat yang membutuhkan, zakat juga memberikan manfaat bagi orang yang memberikannya. Di antaranya, berikut adalah manfaat zakat secara harfiah:

1. Pertumbuhan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, zakat memiliki arti tumbuh atau berkembang. Dalam hal ini, zakat membantu meningkatkan pertumbuhan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

2. Menghapus Dosa

Zakat juga memiliki manfaat untuk menghapus dosa. Dengan memberikan harta yang dimiliki kepada orang yang membutuhkan, maka kita telah menjalankan amal sholeh. Sehingga, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita.

3. Menghilangkan Kezaliman

Zakat juga membantu menghilangkan kezaliman di masyarakat. Dengan adanya zakat, orang yang membutuhkan dapat membantu meringankan beban hidupnya. Sehingga, dapat mencegah terjadinya kezaliman dalam masyarakat.

4. Mengurangi Kemiskinan

Zakat juga memiliki manfaat untuk mengurangi kemiskinan di masyarakat. Dengan adanya zakat, orang yang membutuhkan dapat menerima bantuan. Sehingga, dapat memperbaiki ekonomi mereka dan mengurangi angka kemiskinan.

Pengumpulan Zakat

Pengumpulan zakat dilakukan dengan cara mengkalkulasi jumlah harta yang dimiliki dan membayarkan zakat secara rutin. Zakat dapat berupa harta yang telah mencapai nisab atau harta dagangan yang bernilai sesuai dengan nisab.

Nisab adalah jumlah batas harta tertentu yang harus dicapai agar seseorang diwajibkan untuk membayar zakat. Ketentuan nisab untuk zakat dapat berbeda-beda tergantung jenis harta yang dimiliki.

BACA JUGA:   Doa Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

Tidak Membayar Zakat

Bagi orang yang memiliki harta yang telah mencapai nisab, namun sengaja tidak membayar zakat, maka akan mendapat hukuman berat di akhirat. Sebab, zakat merupakan salah satu bentuk rukun Islam yang harus dijalankan.

Maka dari itu, sebagai umat Muslim, harus selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta membiasakan diri untuk membayar zakat secara rutin. Dengan begitu, kita dapat memperoleh manfaat zakat secara harfiah dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.