Skip to content
Home » Apa Balasan Haji Mabrur?

Apa Balasan Haji Mabrur?

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu. Haji yang dijalankan dengan sempurna dan penuh keikhlasan adalah haji mabrur. Namun, apa sebenarnya balasan haji mabrur yang akan didapatkan oleh seorang muslim?

Keutamaan Haji

Sebelum membahas lebih jauh tentang balasan haji mabrur, kita perlu mengetahui keutamaan dan pentingnya melaksanakan ibadah haji. Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu secara fisik dan keuangan. Selain itu, haji juga merupakan ibadah yang penuh dengan makna dan simbolisme.

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

"Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah, bahwa Allah sangat keras siksa-Nya. Dan berimanlah kepada Rasul-Nya (Muhammad) agar kamu mendapat petunjuk. Dan berjihadlah pada jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al-Hujurat: 15-16)

Dalam ayat tersebut, jelas terlihat bahwa haji adalah salah satu bentuk jihad pada jalan Allah SWT. Oleh karena itu, melaksanakan haji dengan baik dan benar akan membawa banyak keutamaan dan keberkahan.

Balasan Haji Mabrur

Seorang muslim yang telah menunaikan haji dengan sempurna dan penuh keikhlasan akan mendapatkan balasan yang besar dari Allah SWT. Balasan tersebut berupa ampunan dosa-dosa, pahala yang berlipat ganda, dan juga mendapat julukan haji mabrur.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

"Maka barangsiapa yang menunaikan ibadah haji terhadap rumah itu (Ka’bah) karena Allah SWT, maka tidak ada dosa baginya seandainya dia tidak mengucapkan perkataan yang buruk dan tidak melakukan perbuatan yang jahat selama di Mekah. Dan apabila kamu melakukan kebaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengerti akan apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah: 197)

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menegaskan bahwa orang yang menunaikan haji dengan keikhlasan dan sempurna akan mendapatkan pengampunan dosa-dosanya dan mendapat julukan haji mabrur.

BACA JUGA:   Berikut Ini Merupakan Sunnah-Sunnah Dalam Ibadah Haji

Selain itu, hadits dari Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan tentang balasan haji mabrur. Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa menunaikan haji karena Allah SWT dan dalam pelaksanaannya tidak berkata-kata kotor, tidak berbuat dosa dan tidak berlaku bengis, maka kembali seperti pada hari ibunya melahirkan dia. (Muttafaq Alaih)"

Dalam hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW menggambarkan betapa besar balasan yang akan diterima oleh seorang muslim yang menunaikan haji dengan benar.

Kesimpulan

Banyak balasan dan keutamaan yang akan didapatkan oleh seorang muslim yang menunaikan haji dengan sempurna dan penuh keikhlasan. Balasan tersebut berupa ampunan dosa, pahala yang berlipat ganda, dan julukan haji mabrur. Oleh karena itu, haji adalah ibadah yang sangat penting dan harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu. Semoga Allah SWT mengizinkan kita untuk menunaikan haji dan mendapatkan balasan yang besar dari-Nya. Aamiin.