Skip to content
Home » Apa Beda haji furoda dan haji Plus?

Apa Beda haji furoda dan haji Plus?

Apa Beda haji furoda dan haji Plus?

Apa Beda Haji Furoda dan Haji Plus?

Haji adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat Islam. Kedua jenis haji ini, Haji Furoda dan Haji Plus, memiliki beberapa perbedaan yang perlu diketahui. Dalam artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara kedua jenis haji ini.

Apa Itu Haji Furoda?

Haji Furoda adalah salah satu jenis haji yang dapat dilakukan oleh umat Islam. Haji Khusus ini menggunakan kuota nasional dari Pemerintah Saudi ke Pemerintah Indonesia, sementara Haji Furoda menggunakan nonkuota resmi pemerintah.

Haji Furoda biasanya dilakukan oleh orang yang tidak memiliki kuota haji, atau yang tidak dapat menggunakan kuota haji yang tersedia. Pada umumnya, Haji Furoda lebih murah dibandingkan dengan Haji Plus.

Apa Itu Haji Plus?

Haji Plus adalah jenis haji yang lebih mahal dibandingkan dengan Haji Furoda. Jenis haji ini menggunakan biaya lebih tinggi karena jenis haji ini menggabungkan haji regular dengan wisata umroh.

Haji Plus biasanya dilakukan oleh orang yang sudah melakukan haji biasa, atau orang yang ingin menikmati pengalaman haji yang lebih selesa. Haji Plus juga sering disebut sebagai haji umrah plus, karena ia menggabungkan haji dan umrah.

Biaya Haji Furoda dan Haji Plus

Haji Furoda memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan Haji Plus. Biaya haji Furoda berkisar antara Rp. 14 juta hingga Rp. 18 juta, tergantung pada paket wisata yang dipilih. Sementara biaya Haji Plus berkisar antara Rp. 24 juta hingga Rp. 30 juta, tergantung pada paket wisata yang dipilih.

BACA JUGA:   Jurnal Skripsi: Cara Ibadah Haji di Negara Senegal

Perbedaan Lainnya

Selain biaya, ada beberapa perbedaan lain antara Haji Furoda dan Haji Plus.

Waktu

Haji Furoda memiliki waktu yang lebih pendek dibandingkan dengan Haji Plus. Haji Furoda biasanya hanya berlangsung selama 10 hari, sedangkan Haji Plus berlangsung selama 15 hari.

Akomodasi

Karena Haji Plus termasuk jenis haji yang lebih mahal, akomodasi yang tersedia juga lebih nyaman dibandingkan dengan Haji Furoda. Haji Plus biasanya menawarkan akomodasi yang lebih modern dan lebih selesa, sedangkan akomodasi Haji Furoda lebih sederhana.

Manasik

Manasik adalah prosesi ibadah haji yang harus dilakukan oleh umat Islam. Pada Haji Furoda, manasik diselesaikan hanya di Makkah saja, sedangkan pada Haji Plus, manasik diselesaikan di Madinah juga.

Kesimpulan

Haji Furoda dan Haji Plus memiliki beberapa perbedaan, termasuk biaya, waktu, akomodasi, dan manasik. Haji Furoda lebih murah dibandingkan dengan Haji Plus, dan biasanya hanya berlangsung selama 10 hari. Sementara Haji Plus lebih mahal dan berlangsung selama 15 hari, serta akomodasinya lebih nyaman dan manasiknya juga lebih luas.

FAQs

Q: Apa perbedaan antara Haji Furoda dan Haji Plus?
A: Haji Furoda adalah salah satu jenis haji yang menggunakan nonkuota resmi pemerintah dan lebih murah dibandingkan dengan Haji Plus. Haji Plus adalah jenis haji yang lebih mahal karena menggabungkan haji regular dengan wisata umroh. Perbedaan lain antara kedua jenis haji ini adalah waktu, akomodasi, dan manasik.

Q: Berapa biaya Haji Furoda dan Haji Plus?
A: Biaya Haji Furoda berkisar antara Rp. 14 juta hingga Rp. 18 juta, tergantung pada paket wisata yang dipilih. Sementara biaya Haji Plus berkisar antara Rp. 24 juta hingga Rp. 30 juta, tergantung pada paket wisata yang dipilih.

BACA JUGA:   Template Design Undangan Ibadah Haji

Q: Apa manfaat Haji Furoda dan Haji Plus?
A: Haji Furoda dan Haji Plus memberikan manfaat spiritual bagi umat Islam yang melakukan haji. Haji Furoda juga lebih murah dibandingkan dengan Haji Plus, sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi masyarakat yang memiliki budget terbatas.

Q: Bagaimana cara melakukan Haji Furoda dan Haji Plus?
A: Cara melakukan Haji Furoda dan Haji Plus sama, yaitu dengan mengikuti prosesi ibadah haji yang terdiri dari tawaf di Baitullah, sa’i di antara Shafa dan Marwa, tahallul, dan thawaf wada. Namun, pada Haji Plus, manasik diselesaikan di Makkah dan Madinah.

Q: Apa saja persyaratan untuk melakukan Haji Furoda dan Haji Plus?
A: Persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan Haji Furoda dan Haji Plus adalah sebagai berikut: memiliki uang cukup untuk melakukan haji, memiliki paspor yang masih berlaku, memiliki sertifikat kesehatan yang berlaku, dan memiliki visa haji.