Skip to content
Home » Apa Itu Zakat Fitrah?

Apa Itu Zakat Fitrah?

Zakat Fitrah adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan umat muslim di seluruh dunia pada bulan Ramadhan. Ibadah ini merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu. Tujuan dari ibadah ini adalah untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan selama menjalankan ibadah puasa, serta untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat Fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan oleh umat muslim pada bulan Ramadhan, tepatnya pada hari raya Idul Fitri. Zakat ini wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu, baik itu lelaki, perempuan, dewasa, maupun anak-anak. Besaran zakat fitrah ini ditentukan berdasarkan harga bahan makanan pokok yang ada di daerah setempat.

Niat Zakat Fitrah

Sebelum memberikan zakat fitrah, seorang muslim harus berniat untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan selama menjalankan ibadah puasa. Niat juga harus murni semata-mata karena Allah SWT.

Barang yang Dizakatkan

Barang yang dikeluarkan sebagai zakat fitrah adalah bahan makanan pokok seperti beras, jagung, kacang hijau, kacang tanah, dan lain-lain. Besaran zakat fitrah untuk setiap orang adalah 2,5 kilogram dari bahan makanan pokok tersebut.

Berapa Besaran Zakat Fitrah

Besaran zakat fitrah adalah 2,5 kilogram dari bahan makanan pokok yang ada di daerah setempat. Besaran ini berbeda-beda di setiap daerah, tergantung dari harga makanan pokok tersebut.

Mekanisme Pelaksanaan Zakat Fitrah

Zakat fitrah bisa dikeluarkan sebelum hari raya Idul Fitri atau pada saat hari raya Idul Fitri. Jika ingin dikeluarkan sebelum hari raya, maka harus dikeluarkan paling lambat satu atau dua hari sebelum hari raya. Sedangkan jika ingin dikeluarkan pada hari raya, maka bisa dikeluarkan sebelum atau sesudah shalat Idul Fitri.

BACA JUGA:   Bagaimana Solusinya Kalo Lupa Membayar Zakat Fitrah?

Manfaat Zakat Fitrah

Zakat fitrah memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, antara lain:

  • Membersihkan diri dari dosa dan kesalahan selama puasa
  • Menjalin silaturahmi antara sesama umat muslim
  • Membantu orang-orang yang membutuhkan

Kesimpulan

Zakat fitrah adalah salah satu bentuk ibadah yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim pada bulan Ramadhan. Zakat ini bertujuan untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan selama menjalankan ibadah puasa. Besaran zakat fitrah adalah 2,5 kilogram dari bahan makanan pokok yang ada di daerah setempat. Pelaksanaan zakat fitrah bisa dilakukan sebelum atau pada saat hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, antara lain membersihkan diri dari dosa, menjalin silaturahmi, dan membantu orang-orang yang membutuhkan.