Skip to content
Home » Apa Makna Dalil Pengelolaan Zakat

Apa Makna Dalil Pengelolaan Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang mampu. Sebagai bentuk kewajiban beragama, zakat harus dikelola dengan baik dan benar. Salah satu dalil pengelolaan zakat adalah ayat tentang zakat yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Pengertian Zakat

Zakat adalah sumbangan yang wajib diberikan oleh setiap muslim yang mampu, yang kemudian akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Zakat juga memiliki makna sebagai bentuk kepedulian sosial sekaligus menumbuhkan kesadaran untuk berbagi kepada sesama.

Ayat Tentang Zakat

Ayat yang berbicara tentang zakat terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 177:

إِنَّ الصَّلاَةَ وَالزَّكَاةَ مِن وَظَائِفِ الشَّرِيعَةِ الْقَائِمَةِ

Artinya, "Sesungguhnya shalat dan zakat adalah kewajiban agama yang harus dilaksanakan."

Ayat tersebut memberikan makna bahwa zakat adalah bagian dari kewajiban agama yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu, termasuk dalam pembuatan pengelolaan zakat.

Pengelolaan Zakat

Pengelolaan zakat harus dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam agama Islam. Salah satu kaidah dalam pengelolaan zakat adalah zakat yang terkumpul harus disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan dengan benar. Hal ini dijelaskan dalam surah At-Taubah ayat 60:

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِّنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya, "Sedekah itu hanya diperuntukkan untuk orang-orang miskin, orang-orang yang membutuhkan, para amil dan muallaf, untuk memerdekakan budak, untuk membantu orang yang berhutang, untuk dijalan Allah dan untuk orang-orang yang sedang musafir."

Pada ayat tersebut, dijelaskan bahwa zakat harus disalurkan kepada kelompok-kelompok orang miskin dan membutuhkan, sehingga pengelolaan zakat harus dilakukan dengan cermat dan tepat.

BACA JUGA:   Mengapa Zakat yang Ditunaikan Muslim di Indonesia Masih Sangat Minim

Kesimpulan

Dalam pengelolaan zakat, salah satu dalil yang dijadikan pegangan dalam berpedoman adalah ayat yang berkaitan dengan zakat di dalam Al-Qur’an. Ayat tersebut memberikan makna tentang kewajiban dalam melaksanakan dan mengelola zakat dengan baik dan benar, sehingga zakat dapat di salurkan dengan tepat dan benar kepada kelompok-kelompok yang membutuhkan.

Diharapkan dengan artikel ini, pembaca dapat lebih memahami dan meningkatkan kualitas pengelolaan zakat yang dijalankan.