Skip to content
Home » Apa Pengertian Zakat Mal?

Apa Pengertian Zakat Mal?

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim. Zakat Mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta kekayaan yang dimiliki oleh seseorang. Pengertian dari zakat sendiri adalah "alms-giving" atau memberikan bantuan sosial bagi kaum miskin dan orang yang membutuhkan.

Zakat mal memiliki aturan dan persentase yang harus dikeluarkan oleh orang yang memiliki harta kekayaan. Persentase tersebut sebesar 2,5% dari jumlah harta yang dimiliki selama satu tahun.

Zakat Mal secara etimologi merupakan sesuatu yang dinisbatkan kepada harta bila telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan sesuai dengan ajaran Islam.

Dalam Islam, zakat mal memiliki tujuan yang mulia, yaitu untuk membantu kaum fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari menunaikan zakat mal, diantaranya:

Manfaat Membayar Zakat Mal

Mengurangi Sifat Kikir dan Mencintai Harta Berlebih

Membayar zakat mal membantu seseorang untuk mengurangi sifat kikir, serakah, dan mencintai harta berlebih. Bayar zakat mal secara rutin dapat membantu seseorang untuk terus meningkatkan rasanya kasih sayang dan kepeduliannya terhadap sesama manusia.

Melakukan Kebaikan

Zakat Mal juga berfungsi sebagai bentuk amal kebajikan yang bisa membawa banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang yang membutuhkan. Dalam hal ini, membayar zakat mal adalah salah satu cara yang sangat efektif dalam melakukan kebaikan.

Mendatangkan Berkah

Membayar zakat mal secara rutin juga merupakan bentuk usaha yang dapat mendatangkan berkah bagi si pembayar zakat tersebut. Sebab, tindakan zakat mal termasuk ibadah yang mempunyai nilai yang sangat besar di hadapan Allah SWT.

BACA JUGA:   Bagaimana Hukum Menyerahkan Zakat Fitrah di Sekolah? Jelaskan Alasannya!

Menghilangkan Cobaan dan Kesulitan Hidup

Sudah banyak yang membuktikan bahwa membayar zakat mal dapat membawa berkah, salah satunya menghilangkan cobaan dan kesulitan hidup. Dalam Islam, Allah SWT menjanjikan keberkahan bagi orang yang membayar zakat mal.

Kesimpulan

Membayar zakat mal adalah bagian dari kewajiban sebagai seorang Muslim. Zakat mal memiliki manfaat yang baik dan dapat memberikan efek positif bagi kehidupan sosial, psikologis, dan ekonomi. Mengeluarkan dana yang wajib seperti zakat Mal sangat penting bagi umat Muslim untuk membantu saudara-saudara seiman mereka, serta sebagai bentuk pembersihan harta dalam hidup mereka. Sehingga, dengan membayar zakat mal secara rutin, dapat membawa manfaat yang baik bagi diri sendiri dan orang lain.