Skip to content
Home » Apa Pengertian Zakat Menurut Istilah?

Apa Pengertian Zakat Menurut Istilah?

Zakat merupakan salah satu kewajiban dari lima rukun Islam yang harus dipatuhi oleh setiap muslim. Zakat sendiri merupakan sumbangan yang diberikan kepada fakir miskin yang berhak menerimanya. Menurut istilah, pengertian zakat adalah harta yang dikeluarkan oleh seorang muslim tertentu kepada fakir miskin yang telah memenuhi kriteria pengeluaran zakat.

Kriteria Penerima Zakat

Penerima zakat adalah orang yang memenuhi syarat-syarat tertentu sebagai fakir miskin, orang yang membutuhkan dan tidak mampu. Kriteria penerima zakat antara lain, yatim piatu, janda, fakir miskin, mustahik, dan sebagainya. Selain itu, zakat juga dapat diberikan kepada pendidikan, kesehatan, dan urusan sosial lainnya.

Cara Penghitungan Zakat

Zakat harus dikeluarkan oleh seseorang setelah memiliki harta tertentu selama satu tahun (hijriyah). Jumlah zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari total harta yang dimiliki seseorang. Cara penghitungan zakat dapat dilakukan dengan perhitungan manual atau menggunakan aplikasi zakat yang dapat diunduh melalui internet.

Manfaat Zakat

Ada banyak manfaat yang diperoleh dengan membayar zakat. Di antaranya, zakat dapat membantu kehidupan fakir miskin yang membutuhkan, menumbuhkan rasa empati dan kepedulian sosial, membersihkan harta dari sifat kikir dan membuka pintu rezeki yang lebih luas lagi. Setiap muslim harus memahami bahwa zakat merupakan kewajiban dan memberikan zakat dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial.

Tafakur dan Contoh Sikap

Membayar zakat juga dapat membuat seseorang merenung tentang pentingnya berbagi dengan sesama manusia yang membutuhkan. Sikap tersebut merupakan contoh nyata kepedulian terhadap keadaan orang lain dan menumbuhkan rasa syukur atas harta yang dimiliki. Dalam Islam, sikap tafakur juga merupakan hal yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:   Yang Berhak Menerima Zakat Dagangan

Kesimpulan

Zakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim dan merupakan bentuk kepedulian sosial yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perhitungan zakat dilakukan dengan cara yang sudah ditentukan dan harus dikeluarkan setelah memiliki harta tertentu selama setahun. Selain membantu fakir miskin dan mempererat hubungan sosial, membayar zakat juga dapat memberikan manfaat spiritual bagi yang melakukannya.