Skip to content
Home » Apa perbedaan antara umroh dan haji?

Apa perbedaan antara umroh dan haji?

Apa perbedaan antara umroh dan haji?

Apa Perbedaan Antara Umroh dan Haji?

Haji dan Umrah adalah ibadah sunnah yang dilakukan para Muslim untuk memenuhi perintah Allah. Keduanya adalah ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, namun ada beberapa perbedaan yang signifikan antara ibadah haji dan ibadah umrah. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan utama yang harus diperhatikan oleh umat Islam sebelum melakukan ibadah haji atau umrah.

Waktu dan Kejadian

Artinya, haji dilakukan berdasarkan waktu yang telah ditetapkan oleh syara dan hanya berlangsung sekali dalam setahun. Haji biasanya dilaksanakan mulai bulan syawal hingga hari raya Idul Adha. Sementara itu, umrah adalah ibadah yang tidak terikat oleh waktu. Ibadah ini bisa dilakukan kapan saja atau sepanjang tahun.

Tujuan

Haji adalah ibadah yang melibatkan pengorbanan diri yang besar, di mana calon haji harus mengorbankan waktu, uang dan usaha. Tujuan utamanya adalah untuk menyempurnakan ibadah dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah. Sementara itu, tujuan umrah adalah untuk mencari rahmat, berkah dan pahala dari Allah.

Biaya dan Pengerjaan

Karena haji adalah ibadah yang lebih besar dan membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar, biayanya juga lebih tinggi daripada biaya umrah. Biaya haji dapat berbeda-beda antara satu negara dengan negara lain. Namun, biaya umrah biasanya lebih murah dan mudah dicapai. Selain itu, haji harus dilakukan dalam waktu yang telah ditentukan. Sementara itu, ibadah umrah dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat dan mudah.

Upacara dan Tindakan

Haji memiliki beberapa upacara dan tindakan yang harus dilakukan, seperti tawaf, sa’i, wukuf di Arafah dan menyembelih binatang yang disyariatkan. Sementara itu, umrah hanya memerlukan melakukan tawaf dan sa’i.

BACA JUGA:   Ciri-ciri Haji Mabrur

Keputusan

Setelah ibadah haji selesai, orang yang melakukannya akan diberi gelar “haji”. Sementara itu, tidak ada gelar khusus yang diberikan kepada orang yang telah melakukan ibadah umrah.

Pengaruh

Karena ibadah haji adalah ibadah yang lebih besar dan lebih kompleks, ia memiliki pengaruh yang lebih besar daripada ibadah umrah. Banyak orang beranggapan bahwa haji adalah ibadah yang lebih bermanfaat dan membawa banyak pahala bagi pelakunya.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa haji dan umrah adalah dua jenis ibadah yang berbeda namun bertujuan yang sama. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, namun ada beberapa perbedaan yang signifikan antara keduanya. Waktu dan kejadian, tujuan, biaya dan pengerjaan, upacara dan tindakan, keputusan dan pengaruh adalah beberapa perbedaan utama yang harus diperhatikan oleh umat Islam sebelum melakukan ibadah haji atau umrah.

FAQs

Q: Apakah haji dan umrah sama?

A: Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, namun ada beberapa perbedaan yang signifikan antara keduanya.

Q: Kapan harus melakukan haji?

A: Haji biasanya dilaksanakan mulai bulan Syawal hingga hari raya Idul Adha.

Q: Apa tujuan haji?

A: Tujuan utamanya adalah untuk menyempurnakan ibadah dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.

Q: Berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan haji?

A: Biaya haji dapat berbeda-beda antara satu negara dengan negara lain.

Q: Apa tindakan yang harus dilakukan ketika melakukan haji?

A: Haji memiliki beberapa upacara dan tindakan yang harus dilakukan, seperti tawaf, sa’i, wukuf di Arafah dan menyembelih binatang yang disyariatkan.