Skip to content
Home » Apa Perbedaan haji dan haji Plus?

Apa Perbedaan haji dan haji Plus?

Apa Perbedaan haji dan haji Plus?

Apa Perbedaan haji dan haji Plus?

Haji merupakan ibadah yang dikerjakan oleh umat Islam untuk melakukan kunjungan ke tanah suci Mekkah. Haji terdiri dari beberapa jenis, yang paling dikenal adalah haji furoda dan haji plus. Kedua jenis haji ini memiliki karakteristik sendiri-sendiri yang membuatnya berbeda dari satu sama lain. Di bawah ini akan dijelaskan perbedaan antara haji furoda dan haji plus.

Jenis Visa

Haji furoda tak perlu antrean, sedangkan haji plus masih ada masa tunggu sekitar 5-9 tahun. Visa yang digunakan haji furoda adalah visa mujamalah atau yang visa khusus dari Kerajaan Arab Saudi. Sementara, visa haji plus menggunakan visa yang keberangkatan dari Pemerintah Indonesia.

Biaya Haji

Biaya haji furoda cukup mahal, karena meliputi biaya penerbangan, akomodasi, makan dan transportasi di Mekkah. Biaya haji plus juga mencakup biaya penerbangan, akomodasi, makan dan transportasi di Mekkah, namun dengan biaya yang lebih murah.

Waktu Kunjungan

Haji furoda hanya dapat dilakukan selama satu bulan setiap tahun, yaitu bulan Dzulhijjah. Sementara, haji plus dapat dilakukan sepanjang tahun.

Waktu Pemberangkatan

Haji furoda dapat diajukan kapan saja, namun terkadang dapat membutuhkan waktu hingga sebulan untuk mendapatkan tiket penerbangan. Sementara, haji plus hanya dapat diajukan sekitar 6 bulan sebelum jadwal keberangkatan.

Peraturan

Haji furoda memiliki peraturan yang lebih ketat, seperti harus berangkat dengan rombongan yang telah disediakan oleh pemerintah. Sementara, haji plus tidak memiliki peraturan yang ketat seperti haji furoda.

Fasilitas

Haji furoda memiliki fasilitas yang lebih lengkap, seperti bimbingan yang disediakan oleh pemerintah dan asuransi. Sementara, haji plus tidak memiliki fasilitas tambahan seperti haji furoda.

BACA JUGA:   Persyaratan Mendaftar Haji di Depag Kabupaten Wonogiri 2019

Kesimpulan

Haji furoda dan haji plus merupakan dua jenis haji yang memiliki perbedaan, mulai dari visa yang digunakan, biaya haji, waktu kunjungan, waktu pemberangkatan, peraturan dan fasilitas. Haji furoda memiliki biaya lebih mahal dan dapat dilakukan selama satu bulan setiap tahun, sementara haji plus memiliki biaya yang lebih murah dan dapat dilakukan sepanjang tahun.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Q: Apa perbedaan antara haji furoda dan haji plus?
A: Perbedaan utama antara haji furoda dan haji plus adalah visa yang digunakan, biaya haji, waktu kunjungan, waktu pemberangkatan, peraturan dan fasilitas.

Q: Berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan haji furoda?
A: Biaya haji furoda cukup mahal, karena meliputi biaya penerbangan, akomodasi, makan dan transportasi di Mekkah.

Q: Kapan haji furoda bisa dilakukan?
A: Haji furoda hanya dapat dilakukan selama satu bulan setiap tahun, yaitu bulan Dzulhijjah.

Q: Apa peraturan yang harus dipatuhi untuk melakukan haji furoda?
A: Peraturan yang harus dipatuhi untuk melakukan haji furoda antara lain harus berangkat dengan rombongan yang telah disediakan oleh pemerintah.

Q: Apa fasilitas yang diberikan untuk haji furoda?
A: Fasilitas yang diberikan untuk haji furoda antara lain bimbingan yang disediakan oleh pemerintah dan asuransi.

Q: Berapa lama pendaftaran haji plus?
A: Haji plus hanya dapat diajukan sekitar 6 bulan sebelum jadwal keberangkatan.