Skip to content
Home » Apa saja 6 rukun haji?

Apa saja 6 rukun haji?

Apa saja 6 rukun haji?

Apa saja 6 Rukun Haji?

Pelaksanaan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang sangat penting bagi setiap Muslim. Dalam menunaikan ibadah haji, seorang Muslim harus memenuhi enam rukun atau enam tahapan yang harus dilalui. Rukun-rukun ini merupakan bagian dari ritus haji yang harus dilaksanakan dengan benar dan tepat waktu agar ibadah haji tersebut diterima oleh Allah SWT.

Rukun Pertama: Ihram

Ihram merupakan tahap pertama dalam pelaksanaan ibadah haji. Ihram adalah suatu kondisi dimana seorang Muslim meninggalkan segala bentuk kebiasaan duniawi dan bersiap untuk memasuki wilayah haram. Dalam hal ini, seorang Muslim harus memakai pakaian ihram yang terdiri dari dua lembar kain putih yang dipakai sebagai baju dan celana.

Rukun Kedua: Tawaf

Tawaf adalah tahap kedua dalam pelaksanaan ibadah haji. Tawaf adalah suatu kegiatan berputar sebanyak 7 kali di sekitar Ka’bah dengan memulai dari Hajar Aswad (batu hitam) dan berakhir di Hajar Aswad. Dalam melakukan tawaf, seorang Muslim harus berdoa dan beristighfar kepada Allah SWT.

Rukun Ketiga: Sa’i

Sa’i adalah tahap ketiga dalam pelaksanaan ibadah haji. Sa’i adalah suatu kegiatan berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Kegiatan ini dilakukan untuk mengikuti jejak Ismail dan ibunya, Siti Hajar, dalam mencari air ketika sedang kehausan.

Rukun Keempat: Wukuf

Wukuf adalah tahap keempat dalam pelaksanaan ibadah haji. Wukuf adalah suatu kegiatan berdiri di Padang Arafah selama sekitar 6 jam. Dalam kegiatan ini, seorang Muslim harus berdoa dan beristighfar kepada Allah SWT.

BACA JUGA:   Tradisi Syukuran Selama Ibadah Haji

Rukun Kelima: Thawaf Ifadah

Thawaf Ifadah adalah tahap kelima dalam pelaksanaan ibadah haji. Thawaf Ifadah adalah suatu kegiatan berputar sebanyak 7 kali di sekitar Ka’bah setelah selesai melakukan wukuf.

Rukun Keenam: Mabit

Mabit adalah tahap keenam dalam pelaksanaan ibadah haji. Mabit adalah suatu kegiatan bermalam di Mina sebelum melakukan tahapan selanjutnya, yaitu melontar jumrah. Dalam tahap ini, seorang Muslim harus bermalam di Mina dan berdoa kepada Allah SWT.

KESIMPULAN

Menunaikan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang sangat penting bagi setiap Muslim. Rukun-rukun dalam pelaksanaan ibadah haji harus dilakukan dengan benar dan tepat waktu agar ibadah haji tersebut diterima oleh Allah SWT. Enam rukun haji yang harus dilalui adalah Ihram, Tawaf, Sa’i, Wukuf, Thawaf Ifadah, dan Mabit. Semoga dengan mengetahui enam rukun haji ini, dapat membantu kita dalam menunaikan ibadah haji dengan baik dan benar.

FAQ

  1. Apa itu Ihram dalam pelaksanaan ibadah haji? Ihram adalah tahap pertama dalam pelaksanaan ibadah haji, dimana seorang Muslim harus memakai pakaian ihram dan bersiap untuk memasuki wilayah haram.
  2. Bagaimana cara melakukan Tawaf dalam ibadah haji? Tawaf adalah kegiatan berputar sebanyak 7 kali di sekitar Ka’bah, dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di Hajar Aswad. Dalam melakukan tawaf, seorang Muslim harus berdoa dan beristighfar kepada Allah SWT.
  3. Apa arti dari Sa’i dalam ibadah haji? Sa’i adalah kegiatan berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali yang dilakukan untuk mengikuti jejak Ismail dan ibunya dalam mencari air.
  4. Apa yang dilakukan dalam Wukuf dalam ibadah haji? Wukuf adalah kegiatan berdiri di Padang Arafah selama sekitar 6 jam, dimana seorang Muslim harus berdoa dan beristighfar kepada Allah SWT.
  5. Apa perbedaan antara Thawaf Ifadah dan Tawaf biasa dalam ibadah haji? Thawaf Ifadah adalah kegiatan berputar sebanyak 7 kali di sekitar Ka’bah setelah selesai melakukan wukuf, sedangkan Tawaf biasa adalah kegiatan berputar sebanyak 7 kali di sekitar Ka’bah sebelum melakukan wukuf.
BACA JUGA:   Ayat Tentang Menunaikan Ibadah Haji