Skip to content
Home » Apa saja keutamaan ibadah haji?

Apa saja keutamaan ibadah haji?

Apa saja keutamaan ibadah haji?

Apa saja Keutamaan Ibadah Haji?

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang sangat penting dan wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Ibadah haji merupakan perjalanan spiritual yang memiliki banyak keutamaan yang dapat meningkatkan kualitas spiritual dan moral pribadi seseorang. Di bawah ini adalah beberapa keutamaan ibadah haji yang perlu Anda ketahui.

Keutamaan Ibadah Haji yang Pertama: Dapat Menghapus Dosa

Menurut hadits riwayat, Allah akan menghapus dosa bagi setiap umat muslim yang menunaikan ibadah haji. Bahkan bagi jamaah yang tidak berbuat keji atau berbuat dosa, akan pulang dengan kondisi suci seperti bayi dilahirkan. Ini adalah beberapa hadits yang menerangkan keutamaan ibadah haji sebagai dosa yang bisa dihapus:

* Hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menunaikan ibadah haji dengan niat yang tulus, Allah akan menghapus dosa-dosanya seperti bayi dilahirkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

* Hadits riwayat Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda, “Seorang yang menunaikan haji tanpa berbuat maksiat atau berbuat dosa, akan kembali dalam kondisi suci seperti ketika ia lahir dari ibunya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits di atas, jelas bahwa ibadah haji yang ditunaikan dengan niat yang benar dapat menghapus dosa-dosa yang dilakukan oleh umat muslim. Ini adalah keutamaan yang besar yang dapat didapatkan oleh setiap umat muslim yang melakukan ibadah haji.

BACA JUGA:   Istri Daftar Haji Baru Suaminya

Keutamaan Ibadah Haji yang Kedua: Mendapatkan Pahala yang Besar

Ketika seseorang melakukan ibadah haji, ia akan mendapatkan pahala yang besar. Pahala yang didapatkan setiap umat muslim yang melakukan ibadah haji akan berkali-kali lipat dari pahala yang didapatkan dari ibadah yang lain.

Beberapa hadits yang menerangkan keutamaan ibadah haji sebagai pahala yang besar adalah sebagai berikut:

* Hadits riwayat Aisyah Radhiallahu anha, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada satu amalan pun dari amalan ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim, kecuali ia akan mendapatkan pahala sebesar 70 kali lipat dari pahala yang ia lakukan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

* Hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Sebuah haji yang mabrur (dilakukan dengan benar dan tulus) adalah kembalinya seorang hamba dari perjalanan haji tanpa berbuat dosa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits di atas, jelas bahwa ibadah haji yang tulus dan benar akan mendapatkan pahala yang besar. Ini adalah keutamaan yang besar yang dapat didapatkan oleh setiap umat muslim yang melakukan ibadah haji.

Keutamaan Ibadah Haji yang Ketiga: Mendapatkan Kebajikan

Ketika seseorang menunaikan ibadah haji, ia akan mendapatkan kebajikan dari Allah. Kebajikan ini dapat berupa kebajikan dunia dan akhirat. Di dunia, kebajikan yang didapatkan adalah kemakmuran, kesehatan, dan ketenangan. Di akhirat, kebajikan yang didapatkan adalah surga.

Beberapa hadits yang menerangkan keutamaan ibadah haji sebagai kebajikan adalah sebagai berikut:

* Hadits riwayat Anas Radhiallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menunaikan haji tanpa berbuat maksiat atau berbuat dosa, maka ia akan pulang dengan kemakmuran, kesehatan, dan ketenangan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

* Hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menunaikan haji tanpa berbuat maksiat atau berbuat dosa, maka ia akan masuk surga tanpa hisab.” (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:   Bacaan Saat Ibadah Haji yang Mengharukan

Dari hadits di atas, jelas bahwa ibadah haji yang tulus dan benar akan mendapatkan kebajikan dari Allah. Ini adalah keutamaan yang besar yang dapat didapatkan oleh setiap umat muslim yang melakukan ibadah haji.

Keutamaan Ibadah Haji yang Keempat: Mendapatkan Pengampunan

Ketika seseorang menunaikan ibadah haji, ia akan mendapatkan pengampunan dari Allah. Pengampunan ini dapat mencakup dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya sehingga umat muslim dapat menjalani kehidupan yang baru dengan hati yang bersih dan jiwa yang suci.

Beberapa hadits yang menerangkan keutamaan ibadah haji sebagai pengampunan adalah sebagai berikut:

* Hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menunaikan haji tanpa berbuat maksiat atau berbuat dosa, maka ia akan mendapatkan pengampunan dari Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

* Hadits riwayat Aisyah Radhiallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menunaikan haji dengan niat yang tulus, Allah akan mengampuninya dan memperbanyak pahala-Nya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits di atas, jelas bahwa ibadah haji yang tulus dan benar akan mendapatkan pengampunan dari Allah. Ini adalah keutamaan yang besar yang dapat didapatkan oleh setiap umat muslim yang melakukan ibadah haji.

Keutamaan Ibadah Haji yang Kelima: Mendapatkan Kedekatan dengan Allah

Ketika seseorang menunaikan ibadah haji, ia akan mendapatkan kedekatan dengan Allah. Kedekatan ini akan meningkatkan kualitas spiritual dan moral seseorang sehingga ia akan lebih dekat dengan Allah dan lebih dekat dengan para malaikat.

Beberapa hadits yang menerangkan keutamaan ibadah haji sebagai kedekatan dengan Allah ad