Skip to content
Home » Apa Saja Kewajiban Saat Melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah?

Apa Saja Kewajiban Saat Melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah?

Ketika memutuskan untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah, ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh jemaah. Kewajiban ini tidak bisa diabaikan karena merupakan bagian penting dari ibadah tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai apa saja kewajiban saat melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Kewajiban saat Melaksanakan Ibadah Haji

1. Membayar Biaya Haji

Kewajiban pertama yang harus dilakukan oleh jemaah haji adalah membayar biaya haji. Biaya haji ini meliputi transportasi, akomodasi, makanan, dan lain sebagainya. Jemaah harus membayar biaya haji sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Mengikuti Rukun Haji

Jemaah haji harus mengikuti rukun haji seperti thowaf, sa’i, dan wukuf di Arafah. Jemaah haji juga harus melakukan tahallul atau melepas ihram setelah melaksanakan wukuf di Arafah.

3. Memperbanyak Ibadah dan Doa

Kewajiban selanjutnya adalah memperbanyak ibadah dan doa selama di tanah suci. Jemaah haji harus melakukan ibadah dan doa secara sungguh-sungguh agar mendapatkan keberkahan dan pengampunan dosa.

4. Menjaga Kebersihan dan Kehormatan

Selama melaksanakan ibadah haji, jemaah harus menjaga kebersihan dan kehormatan. Jangan membuang sampah sembarangan dan hindari berbicara atau melakukan tindakan yang tidak sopan.

Kewajiban saat Melaksanakan Ibadah Umrah

1. Ihram

Kewajiban pertama saat melaksanakan ibadah umrah adalah mengambil ihram. Jemaah harus mengucapkan niat dan memakai pakaian ihram yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Thowaf

Thowaf merupakan doa lingkaran yang dilakukan di sekitar Ka’bah. Jemaah harus melakukan thowaf sebanyak 7 kali dan dengan penuh kesungguhan.

BACA JUGA:   Pelaksanaan Ibadah Haji Harus Diawali dengan Persiapan yang Matang

3. Sa’i

Setelah thowaf, jemaah harus melakukan sa’i yaitu berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali.

4. Tahallul

Ketika telah selesai melakukan sa’i, jemaah harus melakukan tahallul atau melepas ihram dengan cara mencukur kepala atau memotong sebagian rambut.

5. Tawaf Wada

Ketika akan meninggalkan Makkah, jemaah harus melakukan tawaf wada atau thowaf perpisahan di Ka’bah. Kewajiban ini harus dilakukan sebelum meninggalkan Makkah.

Kesimpulan

Demikianlah, kewajiban saat melaksanakan ibadah haji dan umrah. Kewajiban ini harus dilakukan dengan baik oleh jemaah agar ibadah haji dan umrah yang dilakukan menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memperbanyak ibadah dan doa serta menjaga perilaku sopan dan santun saat melaksanakan ibadah haji dan umrah.