Skip to content
Home » Apa saja larangan dalam haji?

Apa saja larangan dalam haji?

Apa saja larangan dalam haji?

Apa saja Larangan dalam Haji?

Haji adalah salah satu ibadah yang dituntut oleh agama Islam. Pada saat melaksanakan ibadah Haji, umat muslim harus menjalankan beberapa larangan yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa larangan yang wajib diikuti oleh para jamaah haji.

Apa saja Larangan yang Wajib diikuti oleh Jamaah Haji?

Ketika melaksanakan ibadah haji, para jamaah harus mengikuti beberapa larangan yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Berikut adalah beberapa larangan yang harus diikuti oleh para jamaah haji:

1. Memakai Pakaian yang Berjahit bagi Laki-laki

Saat melaksanakan ibadah haji, laki-laki tidak diperbolehkan memakai pakaian yang berjahit. Laki-laki hanya diperbolehkan memakai pakaian yang tidak memiliki jahitan, seperti izar, izar dan rida. Hal ini untuk menghindari rasa sombong di antara para jamaah haji.

BACA JUGA:   Mengenal Fakta-Fakta Menarik Mengenai Haji dan Kebutuhan Mengelilingi Ka'bah Tujuh Kali

2. Memotong atau Mencabut Rambut atau Bulu-bulu

Selama melaksanakan ibadah haji, para jamaah tidak diperbolehkan memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu tubuhnya. Hal ini untuk mencegah para jamaah haji untuk melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh agama Islam.

3. Memotong Kuku

Selama melaksanakan ibadah haji, para jamaah harus menahan diri untuk memotong kuku mereka. Ini juga termasuk mencukur bulu kaki dan tangan.

4. Memakai Wangi-wangian

Selama melaksanakan ibadah haji, para jamaah tidak diperbolehkan memakai wangi-wangian. Hal ini untuk mencegah para jamaah haji untuk berlebihan dalam hal pemakaian.

5. Membunuh Binatang Buruan atau Menyakitinya, Kecuali Binatang yang Membahayakan

Selama melaksanakan ibadah haji, para jamaah tidak diperbolehkan membunuh binatang buruan atau menyakitinya, kecuali binatang yang membahayakan. Hal ini untuk mencegah para jamaah haji untuk melakukan hal-hal yang tidak diizinkan oleh agama Islam.

Mengapa Para Jamaah Haji Harus Menjalankan Larangan di Atas?

Ada beberapa alasan mengapa para jamaah harus menjalankan beberapa larangan yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Berikut adalah beberapa alasan:

1. Untuk Menghindari Rasa Sombong

Dengan menjalankan larangan-larangan yang telah ditentukan oleh Allah SWT, para jamaah dapat menghindari rasa sombong di antara mereka. Hal ini penting untuk menjaga rasa saling hormat dan kasih sayang di antara para jamaah haji.

2. Untuk Mencegah Para Jamaah untuk Melakukan Hal-hal yang Tidak diperbolehkan oleh Agama Islam

Dengan menjalankan larangan-larangan yang telah ditentukan oleh Allah SWT, para jamaah dapat mencegah diri mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh agama Islam.

3. Untuk Membantu Para Jamaah dalam Menjalankan Ibadah Haji dengan Baik

Dengan menjalankan larangan-larangan yang telah ditentukan oleh Allah SWT, para jamaah dapat membantu diri mereka dalam menjalankan ibadah haji dengan baik. Hal ini penting untuk memastikan bahwa para jamaah dapat melakukan ibadah haji dengan baik dan benar.

BACA JUGA:   Call Center Pendaftaran Haji 2018 Kemenag Tangerang

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa para jamaah haji harus menjalankan beberapa larangan yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Hal ini penting untuk menghindari rasa sombong di antara para jamaah haji, mencegah para jamaah untuk melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh agama Islam, dan membantu para jamaah dalam menjalankan ibadah haji dengan baik.

FAQ

1. Apakah Laki-laki diperbolehkan Memakai Pakaian yang Berjahit saat Melaksanakan Ibadah Haji?

Tidak, laki-laki tidak diperbolehkan memakai pakaian yang berjahit saat melaksanakan ibadah Haji. Laki-laki hanya diperbolehkan memakai pakaian yang tidak memiliki jahitan, seperti izar, izar dan rida.

2. Apakah Para Jamaah Haji diperbolehkan Memotong atau Mencabut Rambut atau Bulu-bulu Tubuhnya?

Tidak, para jamaah haji tidak diperbolehkan memotong atau mencabut rambut atau bulu-bulu tubuh mereka. Hal ini untuk mencegah para jamaah haji untuk melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh agama Islam.

3. Apakah Para Jamaah Haji diperbolehkan Memotong Kuku?

Tidak, para jamaah haji harus menahan diri untuk memotong kuku mereka. Ini juga termasuk mencukur bulu kaki dan tangan.

4. Apakah Para Jamaah Haji diperbolehkan Memakai Wangi-wangian?

Tidak, para jamaah tidak diperbolehkan memakai wangi-wangian. Hal ini untuk mencegah para jamaah haji untuk berlebihan dalam hal pemakaian.

5. Apakah Para Jamaah Haji diperbolehkan Membunuh Binatang Buruan atau Menyakitinya?

Tidak, para jamaah tidak diperbolehkan membunuh binatang buruan atau menyakitinya. Kecuali binatang yang membahayakan. Hal ini untuk mencegah para jamaah haji untuk melakukan hal-hal yang tidak diizinkan oleh agama Islam.