Skip to content
Home » Apa Sebutan Orang yang Berzakat? Jelaskan dengan Detail!

Apa Sebutan Orang yang Berzakat? Jelaskan dengan Detail!


Zakat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang mampu. Zakat juga merupakan salah satu rukun Islam yang memiliki arti penting dalam kehidupan seorang muslim. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa sebutan orang yang berzakat.

Sebutan Orang yang Berzakat

Orang yang berzakat dikenal dengan sebutan "muzakki". Muzakki berasal dari kata "zakat" yang artinya adalah harta yang harus dikeluarkan oleh umat Islam yang mampu kepada yang berhak menerimanya.

Muzakki adalah orang yang memenuhi syarat dan telah memenuhi kewajiban membayar zakatnya. Selain itu, muzakki juga harus memiliki keinginan yang besar untuk membantu sesama dan meringankan beban mereka yang lebih membutuhkan.

Pengertian Zakat

Sebelum membahas lebih lanjut tentang sebutan orang yang berzakat, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu zakat. Zakat adalah bagian dari harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam yang mampu untuk diberikan kepada golongan yang lebih membutuhkan.

Zakat tidak hanya berupa uang, tetapi juga bisa berupa emas, perak, dan sebagainya. Selain itu, zakat juga bisa dikeluarkan dalam bentuk barang atau benda yang memenuhi syarat.

Fungsi Zakat

Zakat memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam kehidupan umat Islam. Beberapa fungsi zakat antara lain:

  1. Membantu orang yang lebih membutuhkan
  2. Menjaga keseimbangan ekonomi sosial umat Islam
  3. Menghilangkan keserakahan dan keegoisan dalam diri seseorang
  4. Membantu meningkatkan kualitas hidup umat Islam

Syarat-syarat Membayar Zakat

Agar seseorang bisa disebut sebagai muzakki atau orang yang berzakat, maka terlebih dahulu ia harus memenuhi beberapa syarat untuk membayar zakat. Beberapa syarat tersebut antara lain:

  1. Orang tersebut merdeka atau bukan menjadi budak
  2. Orang tersebut adalah muslim
  3. Orang tersebut memiliki harta yang melebihi nishab
  4. Harta tersebut telah mencapai haul
  5. Harta tersebut bermanfaat atau produktif dan dapat dikategorikan sebagai zakat
BACA JUGA:   Berapa Persen Hak Amil Zakat?

Penutup

Dalam Islam, membayar zakat adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat Islam yang mampu. Orang yang membayar zakat disebut sebagai muzakki, yang artinya adalah orang yang berzakat. Dengan membayar zakat, kita bisa membantu orang yang membutuhkan dan menjaga keseimbangan dalam kehidupan sosial ekonomi umat Islam.

Oleh karena itu, mari kita menjadi muzakki yang baik dan selalu memenuhi kewajiban berzakat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.