Skip to content
Home » Apa syarat daftar haji 2022?

Apa syarat daftar haji 2022?

Apa syarat daftar haji 2022?

Apa Syarat Daftar Haji 2022?

Haji adalah salah satu ibadah yang sudah diwajibkan oleh agama Islam. Haji merupakan salah satu rukun Islam yang merupakan bentuk penghambaan kepada Allah SWT. Haji adalah salah satu ibadah yang ditujukan untuk menghadirkan diri ke Baitullah di Makkah, Arab Saudi. Karena itu, untuk dapat menunaikan ibadah haji, para jamaah haji wajib untuk terlebih dahulu melakukan pendaftaran haji. Bagi Anda yang ingin bertaqarrub kepada Allah SWT dengan melakukan ibadah haji, berikut ini adalah persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi.

Persyaratan Pendaftaran Haji

Fotocopy Akte Kelahiran / Akte Nikah / Ijazah Sebanyak 2 Lbr (Kertas A4)

Fotocopy Akte Kelahiran atau Akte Nikah atau Ijazah adalah salah satu persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi. Fotocopy ini digunakan sebagai bukti identitas Anda dan juga untuk memastikan bahwa Anda adalah seorang warga negara Indonesia yang sah. Fotocopy harus dicetak dengan kertas A4 dan juga harus dalam jumlah 2 lembar.

Paspor

Paspor adalah salah satu persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi. Paspor ini digunakan sebagai bukti identitas Anda, dan juga sebagai bukti bahwa Anda memiliki izin untuk bepergian ke luar negeri. Pastikan bahwa masa berlaku paspor Anda masih berlaku saat Anda akan melakukan perjalanan.

KTP

KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah salah satu persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi. KTP ini digunakan sebagai bukti identitas Anda dan juga sebagai bukti bahwa Anda adalah warga negara Indonesia yang sah.

BACA JUGA:   Pendaftaran Haji Plus Plus 2018

Fotocopy KK dan KTP Keluarga

Fotocopy KK dan KTP Keluarga adalah salah satu persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi. Fotocopy ini digunakan sebagai bukti identitas keluarga Anda dan juga untuk memastikan bahwa Anda adalah seorang warga negara Indonesia yang sah.

Fotocopy Kartu Aktif Jamkesmas

Fotocopy Kartu Aktif Jamkesmas adalah salah satu persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi. Fotocopy ini digunakan sebagai bukti bahwa Anda memiliki asuransi dan juga untuk memastikan bahwa Anda adalah seorang warga negara Indonesia yang sah.

Surat Keterangan Sehat

Surat Keterangan Sehat adalah salah satu persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi. Surat ini akan menunjukkan bahwa Anda dinyatakan sehat dan layak untuk melakukan perjalanan.

Pas Foto

Pas Foto adalah salah satu persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi. Pas Foto ini akan digunakan untuk membuat Visa Haji dan juga untuk memastikan bahwa Anda adalah seorang warga negara Indonesia yang sah.

Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran adalah salah satu persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi. Formulir ini akan digunakan untuk mencatat data Anda sebagai calon jamaah haji dan juga untuk memastikan bahwa Anda adalah seorang warga negara Indonesia yang sah.

Surat Kuasa

Surat Kuasa adalah salah satu persyaratan pendaftaran haji yang wajib Anda penuhi. Surat ini akan digunakan untuk memberi hak kepada orang lain untuk mendaftarkan Anda sebagai calon jamaah haji dan juga untuk memastikan bahwa Anda adalah seorang warga negara Indonesia yang sah.

Kesimpulan

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib diikuti oleh setiap orang yang mampu. Sebelum melakukan ibadah haji, para jamaah haji wajib untuk melakukan pendaftaran haji terlebih dahulu. Pendaftaran haji memerlukan persyaratan-persyaratan tertentu yang wajib dipenuhi oleh para jamaah haji. Persyaratan tersebut antara lain fotocopy Akte Kelahiran atau Akte Nikah atau Ijazah sebanyak 2 lembar, paspor, KTP, fotocopy KK dan KTP keluarga, fotocopy kartu aktif Jamkesmas, surat keterangan sehat, pas foto, formulir pendaftaran, dan surat kuasa.

BACA JUGA:   Bisa Atau Tidak? Pahami Syarat Naik Haji Bagi Remaja 17 Tahun

FAQs

Q: Apakah saya harus memiliki Akte Kelahiran untuk mendaftar haji?
A: Ya, Anda harus memiliki fotocopy Akte Kelahiran atau Akte Nikah atau Ijazah sebanyak 2 lembar untuk mendaftar haji.

Q: Apakah saya harus memiliki paspor untuk mendaftar haji?
A: Ya, Anda harus memiliki paspor yang masih berlaku saat Anda akan melakukan perjalanan.

Q: Apakah saya harus memiliki KTP untuk mendaftar haji?
A: Ya, Anda harus memiliki KTP sebagai bukti identitas Anda dan sebagai bukti bahwa Anda adalah warga negara Indonesia yang sah.

Q: Apakah saya harus memiliki fotocopy KK dan KTP keluarga untuk mendaftar haji?
A: Ya, Anda harus memiliki fotocopy KK dan KTP Keluarga untuk mendaftar haji.

Q: Apakah saya harus memiliki fotocopy Kartu Aktif Jamkesmas untuk mendaftar haji?
A: Ya, Anda harus memiliki fotocopy Kartu Aktif Jamkesmas untuk mendaftar haji.