Skip to content
Home » Apa Syarat Zakat Fitrah?

Apa Syarat Zakat Fitrah?

Zakat fitrah merupakan salah satu jenis zakat yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Zakat ini dilakukan pada bulan Ramadan atau sebelum hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah ini wajib dilakukan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa selama berpuasa. Oleh sebab itu, kegiatan ini harus dilakukan dengan baik dan sesuai dengan syarat yang ditentukan.

Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan zakat fitrah.

1. Muslim

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah seseorang haruslah muslim. Artinya, zakat fitrah hanya berlaku bagi seseorang yang memeluk agama Islam.

2. Merdeka

Syarat kedua adalah harus merdeka, baik dari segi finansial maupun dari segi fisik. Artinya, orang yang dikeluarkan zakat fitrah tidak boleh menjadi budak atau dalam penjara.

3. Haul

Haul adalah masa satu tahun dalam kalender Islam. Syarat ketiga adalah membayar zakat fitrah pada masa haul. Oleh sebab itu, zakat fitrah hanya bisa dilakukan pada bulan Ramadan atau sebelum hari raya Idul Fitri.

4. Milik Pribadi

Syarat keempat adalah zakat fitrah harus dikeluarkan dari harta pribadi. Artinya, tidak boleh dikeluarkan dari harta orang lain.

5. Nisab

Nisab adalah batas minimal harta yang wajib dikeluarkan zakat fitrah. Syarat kelima adalah seseorang harus memiliki harta yang menyentuh nisab untuk dapat dikeluarkan zakat fitrah.

6. Tidak Ada Utang

Syarat keenam adalah orang yang akan dikeluarkan zakat fitrah tidak boleh memiliki utang. Hal ini karena zakat fitrah harus dikeluarkan dari harta sendiri yang bersih, tanpa ada potongan untuk membayar hutang.

BACA JUGA:   Apa Arti Zakat dan Siapa yang Berhak Menerimanya?

7. Besar Zakat Fitrah

Besar zakat fitrah ditentukan oleh pemerintah dan ulama setempat. Syarat terakhir adalah harus membayar zakat fitrah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak lebih dari itu.

Demikianlah syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan zakat fitrah. Sebagai umat muslim, kita harus selalu memperhatikan dan menjalankan kewajiban ini dengan benar. Semoga Allah senantiasa memberikan kita kemudahan dalam menjalankan ibadah zakat fitrah.