Skip to content
Home » Apa yang dilarang saat haji?

Apa yang dilarang saat haji?

Apa yang dilarang saat haji?

Apa yang Dilarang Saat Haji?

Haji adalah salah satu ibadah yang ditetapkan oleh agama Islam yang harus dilakukan oleh setiap orang yang mampu secara fisik dan finansial. Namun, ada beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan saat melakukan ibadah haji. Berikut adalah beberapa hal yang dilarang selama ihram.

Dilarang Mematah Ranting

Selama ihram, jemaah haji tidak boleh mematah ranting. Ini termasuk memotong ranting pohon, mengambil daun, memotong kayu atau apapun yang berhubungan dengan pemotongan ranting. Hal ini menjadi larangan haji karena pemotongan ranting dapat menyebabkan kerusakan ekosistem di sekitar makam Ibrahim.

Dilarang Menggunakan Wangi-Wangian

Selama ihram, jemaah haji dilarang menggunakan wangi-wangian seperti minyak wangi, parfum, dan semua jenis produk yang berbau harum. Hal ini dilarang karena menurut agama Islam, semua wangi-wangian berbau harum harus ditinggalkan selama ibadah haji.

Dilarang Membunuh Binatang Buruan

Selama melakukan ibadah haji, jemaah haji tidak diizinkan untuk membunuh binatang buruan. Hal ini dilarang karena jemaah yang melakukan ibadah haji harus mematuhi aturan Tuhan dan tidak boleh membunuh binatang buruan yang diizinkan untuk memasuki kawasan suci.

Dilarang Meminang

Selama ihram, jemaah haji dilarang meminang atau menikah. Hal ini dilarang karena jemaah yang melakukan ibadah haji harus fokus pada ibadah tanpa keraguan dan rasa takut. Oleh karena itu, pernikahan tidak diizinkan selama ibadah haji.

Dilarang Berhubungan Suami Istri

Selama ibadah haji, jemaah haji dilarang untuk berhubungan suami istri. Hal ini dilarang karena jemaah yang melakukan ibadah haji harus fokus pada ibadah tanpa keraguan. Oleh karena itu, berhubungan suami istri dilarang selama ibadah haji.

BACA JUGA:   Daftar Haji Sekarang 2019 Bogor: Kapan Berangkatnya?

Dilarang Memakai Pakaian yang Berjahit

Selama ihram, jemaah haji tidak diizinkan untuk memakai pakaian yang berjahit. Hal ini dilarang karena jemaah yang melakukan ibadah haji harus mematuhi aturan Tuhan dan menghormati lokasi suci.

Dilarang Menutup Kepala

Selama ibadah haji, jemaah haji dilarang menutup kepala. Hal ini dilarang karena jemaah yang melakukan ibadah haji harus mematuhi aturan Tuhan dan menghormati lokasi suci.

Dilarang Memakai Sepatu yang Menutup Mata Kaki

Selama ibadah haji, jemaah haji dilarang memakai sepatu yang menutup mata kaki. Hal ini dilarang karena jemaah yang melakukan ibadah haji harus mematuhi aturan Tuhan dan menghormati lokasi suci.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa ada beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan selama melakukan ibadah haji. Hal-hal yang dilarang antara lain mematah ranting, menggunakan wangi-wangian, membunuh binatang buruan, meminang, berhubungan suami istri, memakai pakaian yang berjahit, menutup kepala, dan memakai sepatu yang menutup mata kaki. Hal-hal ini harus dihindari selama melakukan ibadah haji agar ibadah haji dapat dilakukan dengan baik.

FAQ

**Q: Apakah dilarang menggunakan minyak wangi saat ibadah haji?**

A: Ya, menggunakan minyak wangi atau produk berbau harum lainnya dilarang selama ibadah haji.

**Q: Apakah dilarang membunuh binatang buruan saat ibadah haji?**

A: Ya, membunuh binatang buruan dilarang selama ibadah haji.

**Q: Apakah dilarang meminang saat melakukan ibadah haji?**

A: Ya, meminang atau menikah dilarang selama ibadah haji.

**Q: Apakah dilarang memakai pakaian yang berjahit saat ibadah haji?**

A: Ya, memakai pakaian yang berjahit dilarang selama ibadah haji.

**Q: Apakah dilarang menutup kepala saat melakukan ibadah haji?**

A: Ya, menutup kepala dilarang selama ibadah haji.

BACA JUGA:   Daftar Nama Haji Plus 2016: Pengalaman Spiritual yang Menggugah Hati