Skip to content
Home » Apa Yang Dimaksud dengan Zakat Mal dan Macam-Macamnya?

Apa Yang Dimaksud dengan Zakat Mal dan Macam-Macamnya?

Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki oleh seseorang yang telah mencapai nisab (batas minimum) selama satu tahun hijriyah. Nisab untuk zakat mal tergantung pada jenis harta yang dimiliki, dan penghitungannya berbeda-beda untuk setiap jenis harta. Zakat mal merupakan salah satu dari lima rukun islam dan sangat penting bagi umat muslim.

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang macam-macam zakat mal, kita harus memahami prinsip dasar dari zakat mal. Zakat mal adalah bentuk kontribusi sosial yang diberikan kepada mereka yang membutuhkan, termasuk fakir miskin, janda dan anak-anak yatim piatu. Tujuan dari zakat mal adalah untuk menciptakan keadilan sosial dan membantu mereka yang membutuhkan.

Macam-Macam Zakat Mal

  1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan pada akhir Ramadan dan sebelum hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah dikeluarkan oleh setiap orang yang mampu untuk membiayai kebutuhan makanan pokok selama satu hari untuk dirinya sendiri dan anggota keluarganya. Besaran zakat fitrah saat ini adalah sebesar Rp. 30,000 per orang.

  1. Zakat Emas dan Perak

Zakat emas dan perak adalah zakat yang dikeluarkan dari jenis harta berupa emas dan perak yang dimiliki selama satu tahun hijriyah. Nisab untuk emas adalah sebesar 85 gram, sedangkan nisab untuk perak adalah sebesar 595 gram. Besaran zakat emas dan perak sebesar 2,5 persen dari total nilainya.

  1. Zakat Pertanian

Zakat pertanian adalah zakat yang dikeluarkan dari hasil panen pertanian atau perikanan. Nisab untuk zakat pertanian tergantung pada jenis tanaman atau ikan yang dihasilkan, dan penghitungannya berbeda-beda untuk setiap jenis tanaman atau ikan. Besaran zakat pertanian sebesar 5 persen hingga 10 persen dari total hasil yang diperoleh.

  1. Zakat Barang Temuan
BACA JUGA:   Kapan Boleh Zakat Fitrah?

Zakat barang temuan adalah zakat yang dikeluarkan dari barang yang ditemukan dan dimiliki selama satu tahun hijriyah. Besaran zakat barang temuan sebesar 20 persen dari nilai barang tersebut.

  1. Zakat Profesi

Zakat profesi adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan seseorang yang berasal dari usaha atau profesi yang dijalankannya. Besaran zakat profesi tergantung pada jumlah penghasilannya. Pendapatan yang melebihi nishab harus dikeluarkan zakat sebesar 2,5 persen.

Kesimpulan

Zakat mal merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah mencapai nisab selama satu tahun hijriyah. Macam-macam zakat mal termasuk zakat fitrah, zakat emas dan perak, zakat pertanian, zakat barang temuan, dan zakat profesi. Dengan membayar zakat mal, umat muslim dapat menciptakan keadilan sosial dan membantu mereka yang membutuhkan. Bagi yang ingin membayar zakat, pastikan untuk melakukan perhitungan dengan benar dan sesuai dengan ketentuan syari’at islam.