Skip to content
Home » Apa Yang Dimaksud Zakat 4 dari Domba?

Apa Yang Dimaksud Zakat 4 dari Domba?

Sebagai umat muslim, kewajiban membayar zakat adalah salah satu ibadah yang harus dikerjakan. Zakat sendiri memiliki berbagai macam jenis tergantung dari benda apa yang akan dizakatkan. Salah satunya adalah zakat hewan ternak, di mana salah satunya adalah zakat 4 dari domba. Apa yang dimaksud zakat 4 dari domba? Mari kita bahas lebih lanjut.

Pengertian Zakat 4 dari Domba

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, zakat 4 dari domba adalah zakat hewan ternak yang diberikan pada setiap kepemilikan empat ekor domba. Zakat ini termasuk dalam golongan zakat hewan ternak yang harus disalurkan pada orang-orang yang berhak menerimanya.

Besaran Zakat 4 dari Domba

Besaran zakat 4 dari domba sendiri adalah dari setiap kepemilikan empat ekor domba, harus dikeluarkan satu ekor untuk disalurkan pada orang-orang yang berhak menerimanya. Besaran zakat ini disesuaikan dengan kadar dari emas atau perak, tergantung dari nilai jual daging dan kulit domba di daerah setempat.

Penerima Zakat 4 dari Domba

Penerima zakat 4 dari domba sendiri hampir sama dengan penerima zakat hewan ternak pada umumnya. Zakat ini dapat disalurkan pada orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, mustahik, dan sebagainya.

Amalan Menunaikan Zakat 4 dari Domba

Amalan menunaikan zakat 4 dari domba sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  1. Menentukan besaran zakat yang harus dikeluarkan sesuai dengan kadar emas atau perak
  2. Memilih domba yang akan dizakatkan, minimal mempunyai empat ekor domba
  3. Membunuh salah satu domba yang sudah dipilih
  4. Memotong dagingnya dan membagikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, zakat 4 dari domba dapat dijelaskan sebagai zakat hewan ternak yang diberikan pada setiap kepemilikan empat ekor domba. Besaran zakat ini disesuaikan dengan kadar dari emas atau perak, tergantung dari nilai jual daging dan kulit domba di daerah setempat. Zakat ini dapat disalurkan pada orang-orang yang membutuhkan dan amalan menunaikannya dilakukan dengan cara yang telah dijelaskan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita tentang zakat hewan ternak, terutama zakat 4 dari domba.

BACA JUGA:   Bagaimana Jika Harta Tidak Dizakati