Skip to content
Home » Apakah 1 Hari Sebelum Ramadhan Boleh Berpuasa

Apakah 1 Hari Sebelum Ramadhan Boleh Berpuasa

Ramadhan sebentar lagi tiba. Sebagai umat Islam, kita telah menanti-nantikan bulan Ramadhan untuk berpuasa. Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dijalankan oleh setiap umat muslim yang sudah baligh dan sehat. Tapi, apakah 1 hari sebelum Ramadhan boleh berpuasa?

Perdebatan di Kalangan Umat Islam

Hal ini menjadi perdebatan di kalangan umat Islam. Ada yang berpendapat bahwa 1 hari sebelum Ramadhan tidak boleh berpuasa. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa boleh berpuasa. Lalu, apakah yang tepat?

Pendapat yang Menyatakan Tidak Boleh Berpuasa

Pengikut pendapat ini berdalil dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya: "Janganlah kalian berpuasa sebelum datang bulan Ramadhan kecuali bila kalian sudah thowaf." (HR. Bukhari dan Muslim) Arti thowaf disini adalah memutari Ka’bah.

Pendapat yang Menyatakan Boleh Berpuasa

Pengikut pendapat ini berdalil dengan sebuah hadis dari Abu Ayyub Radhiyallahu ‘anhu bahwa ia mengatakan,"Sesungguhnya aku telah berpuasa pada hari yang di mana Rasulullah Shalallaahu ‘alayhi wa sallam berpuasa pada bulan Ramadhan beliau kemudian memerintahkan orang untuk berbuka. Ada yang memerintahkan kami untuk makan sebelum shalat dan ada yang memerintahkan kami untuk shalat terlebih dahulu. Aku tidak tahu pilihan yang manakah yang lebih benar. " (Riwayat Muslim)

Kesimpulan

Dari dua pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa tidak ada kesalahan jika seseorang ingin berpuasa pada hari terakhir bulan Sya’ban, dan sekaligus berbuka ketika terbenamnya matahari di hari itu. Namun, jika seseorang ingin memutuskan untuk tidak berpuasa pada hari terakhir bulan Sya’ban, itu juga tidak ada masalah. Sebab, pada akhirnya setiap muslim harus memutuskan dan bertanggung jawab atas keputusannya sendiri.

BACA JUGA:   DOA GANTI PUASA RAMADHAN

Tips Berpuasa dengan Mudah

Tidak mudah menjalani ibadah puasa ini, karena kita harus menahan lapar, haus, dan berbagai godaan lainnya. Namun, berikut beberapa tips untuk menjalani bulan Ramadhan dengan mudah:

  1. Mengatur pola makan dengan menghindari satu jenis makanan yang membuat perut begah
  2. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, untuk menjaga stamina saat berpuasa
  3. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, yang membantu menjaga kesehatan tubuh
  4. Menghindari makanan pedas dan berlemak

Kesimpulan

Puasa pada hari terakhir bulan Sya’ban adalah sebuah pilihan setiap individu. Namun, sebagai seorang muslim, kita harus memahami hukum Islam dengan baik agar dapat menjalankan ibadah dengan benar. Dengan beberapa tips diatas, kita dapat menjalani bulan Ramadhan dengan mudah dan tetap menjaga kesehatan tubuh. Yuk, kita nantikan kehadiran bulan Ramadhan dengan penuh semangat!