Skip to content
Home » Apakah Benar Umroh Bisa Menghapus Dosa? Berikut Penjelasannya!

Apakah Benar Umroh Bisa Menghapus Dosa? Berikut Penjelasannya!

Apakah umroh bisa menghapus dosa?

Apakah Umrah Bisa Menghapus Dosa?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anh berkata, “Sesungguhnya Rasûlullâh shallallahu’alaihiwasallam bersabda, “Umrah satu ke Umrah lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain Surga.”

Ibadah Umrah dan Haji

Umrah dan haji adalah ibadah yang sangat suci dan mulia yang harus dilaksanakan oleh umat Muslim. Ibadah umrah dan haji merupakan bentuk ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Hal ini diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran dan Hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, Allah menurunkan kepadamu hukum-hukum (yang harus kamu taati), dan diwajibkan atasmu beberapa haji. Maka (siapkanlah) kendaraan untuk menunaikan haji itu dan berpergianlah (menuju tempat haji) dengan mengingat nama Allah di waktu pagi dan petang” (QS. Al-Baqarah [2]: 196).

Hadits-hadits Nabi Muhammad SAW juga menyebutkan bahwa ibadah haji dan umrah adalah ibadah yang dicintai dan dianjurkan oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada haji yang lebih utama daripada haji yang diperintahkan oleh Allah SWT.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Apakah Umrah Bisa Menghapus Dosa?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anh berkata, “Sesungguhnya Rasûlullâh shallallahu’alaihiwasallam bersabda, “Umrah satu ke Umrah lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain Surga.” (HR. Muslim).

Dari hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa umrah dapat menghapus dosa. Hal ini karena Allah SWT telah berfirman bahwa ibadah umrah adalah ibadah yang dianjurkan dan dihargai. Di samping itu, hadits di atas juga menyebutkan bahwa ibadah umrah dapat digunakan untuk memaafkan dosa-dosa yang telah dilakukan.

BACA JUGA:   Melihat Progres Pemulihan Pandemi COVID-19 Untuk Menjawab Pertanyaan: Kapan Bisa Umroh Lagi?

Selain itu, ada juga beberapa ulama yang berpendapat bahwa ibadah umrah dapat menghapus dosa-dosa kecil. Menurut mereka, umrah dapat bertindak sebagai pengganti untuk dosa-dosa kecil yang telah dilakukan. Meskipun tidak ada pendapat yang pasti mengenai hal ini, ada beberapa ulama yang menyarankan agar orang yang telah melakukan dosa kecil segera melakukan umrah sebagai bentuk taubat.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa ibadah umrah dapat memaafkan dosa yang telah dilakukan. Hal ini karena Allah SWT telah menganjurkan dan menghargai ibadah umrah. Selain itu, ada juga beberapa ulama yang berpendapat bahwa ibadah umrah dapat menghapus dosa-dosa kecil, meskipun tidak ada pendapat yang pasti mengenai hal ini. Oleh karena itu, orang yang telah melakukan dosa kecil disarankan untuk segera melakukan ibadah umrah sebagai bentuk taubat.

.