Skip to content
Home » Apakah Benar Umroh Wajib Menggunakan Baju Putih? Temukan Jawabannya Di Sini!

Apakah Benar Umroh Wajib Menggunakan Baju Putih? Temukan Jawabannya Di Sini!

Apakah umroh wajib pakai baju putih?

Apakah Umroh Wajib Pakai Baju Putih?

Ketika berbicara mengenai ibadah umroh, tentu saja ada banyak hal yang harus disiapkan. Terutama berkaitan dengan pakaian yang akan dipakai. Maka dari itu, banyak orang bertanya-tanya apakah umroh wajib pakai baju putih?

Menurut kitab-kitab hadits, memang disunnahkan memakai pakaian putih pada saat beribadah haji atau umroh. Hal ini sudah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra.

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra., Rasulullah SAW bersabda: “Umatku akan datang kepada-Ku dalam pakaian putih, seperti salju”.

Dengan demikian, wajib hukumnya bagi setiap jamaah umroh untuk memakai pakaian putih saat beribadah haji dan umroh. Karena itu, sebaiknya siapkan pakaian putih yang layak untuk dipakai. Anda hanya perlu membawa dua atau tiga baju saja.

Apakah Boleh Pakai Warna yang Lain?

Bagi jamaah yang tidak memiliki baju putih, dia boleh membawa baju dengan warna yang tidak mencolok, seperti abu-abu, coklat, atau warna lain yang tidak terlalu cerah. Namun, disunnahkan memakai baju berwarna putih.

Seperti yang dijelaskan di atas, tak semua orang memiliki baju putih. Maka dari itu, bagi jamaah yang tidak memiliki baju putih, dia tetap dapat melakukan ibadah umroh dengan baju warna lainnya.

Pakaian yang Disarankan

Untuk memenuhi syarat ibadah umroh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda ikuti untuk mempersiapkan pakaian untuk umroh:

  • Pilihlah pakaian yang sopan. Pakaian umroh harus sopan dan layak. Jangan memilih pakaian yang terlalu lebar atau ketat, atau pakaian yang terlalu ketat atau lebar.
  • Pakaian harus menutupi aurat. Jangan memilih pakaian yang terlalu pendek atau terlalu longgar. Pilihlah pakaian yang dapat menutupi aurat Anda.
  • Gunakanlah baju berwarna putih. Meskipun tidak wajib, disunnahkan memakai baju berwarna putih saat beribadah umroh.
  • Pilihlah kaos dan celana yang nyaman. Jangan memilih pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Pilihlah kaos dan celana yang nyaman untuk dipakai selama ibadah haji dan umroh.
BACA JUGA:   Daftar Penyelenggara Umroh di Pekalongan

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa umroh wajib pakai baju putih. Namun, bagi jamaah yang tidak memiliki baju putih, dia tetap dapat melakukan ibadah umroh dengan baju warna lainnya.

Selain itu, penting untuk mempersiapkan pakaian yang sopan dan layak. Pakaian yang dipilih harus dapat menutupi aurat. Kaos dan celana yang dipilih juga harus nyaman untuk dipakai selama ibadah haji dan umroh.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat beribadah haji dan umroh.