Skip to content
Home » Apakah ibadah haji berlaku seumur hidup sekali?

Apakah ibadah haji berlaku seumur hidup sekali?

Apakah ibadah haji berlaku seumur hidup sekali?

Apakah Ibadah Haji Berlaku Sekali Seumur Hidup?

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Bagi yang mampu, mereka harus menunaikan ibadah haji sekali seumur hidup, dan sebagian besar masyarakat Muslim berharap untuk melakukannya. Namun, beberapa orang masih bertanya-tanya apakah ibadah haji berlaku sekali seumur hidup.

Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama-tama kita harus mengetahui apa itu ibadah haji. Ibadah haji adalah ritual yang dilakukan oleh muslim di sekitar Ka’bah di Makkah. Ka’bah adalah sebuah bangunan yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail. Ibadah haji melibatkan melakukan berbagai ritual, seperti berjalan di sekitar Ka’bah, bermalam di Arafah, dan menyembelih binatang di Mina.

Hukum haji sendiri telah diatur dalam Al-Quran dan Hadits. Dalam Al-Quran, Allah swt berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, wajib atas kamu mengerjakan haji.” (QS. Al-Baqarah: 196). Artinya, ibadah haji adalah wajib bagi umat Muslim yang mampu menunaikannya.

Selain itu, hadits juga menyebutkan bahwa ibadah haji hanya diwajibkan sekali seumur hidup. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Barangsiapa yang berhaji ke Baitullah, maka ia tidak diwajibkan berhaji lagi.” (HR. Bukhari).

Berdasarkan Al-Quran dan hadits tersebut, jelas bahwa ibadah haji hanya diwajibkan sekali seumur hidup. Dengan demikian, setiap orang yang mampu menunaikannya harus melakukannya.

Namun, ada beberapa alasan mengapa seseorang dapat melakukan ibadah haji lebih dari sekali. Pertama, jika seseorang tidak mampu menunaikannya sekali, maka ia dapat melakukannya lagi setelah mengumpulkan cukup uang. Kedua, jika seseorang melakukan kesalahan saat melakukan ibadah haji, maka ia dapat memperbaikinya dengan melakukan haji lagi.

BACA JUGA:   Pahala Besar: Hikmah Ibadah Haji, Zakat, dan Wakaf dalam Kehidupan

Selain itu, ada juga beberapa alasan lain mengapa seseorang mungkin ingin melakukan ibadah haji lebih dari sekali. Mereka mungkin ingin melakukannya lagi karena ingin merasakan lagi pengalaman ibadah haji yang luar biasa. Mereka juga mungkin ingin melakukannya lagi untuk mengingatkan diri mereka tentang makna haji.

Meskipun ada alasan untuk melakukan ibadah haji lebih dari sekali, tetap saja hukum yang berlaku adalah bahwa ibadah haji hanya diwajibkan sekali seumur hidup. Dengan demikian, setiap orang yang mampu harus menunaikan ibadah haji sekali seumur hidup.

FAQs

Q1. Apa itu ibadah haji?
A1. Ibadah haji adalah ritual yang dilakukan oleh muslim di sekitar Ka’bah di Makkah. Ka’bah adalah sebuah bangunan yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail. Ibadah haji melibatkan melakukan berbagai ritual, seperti berjalan di sekitar Ka’bah, bermalam di Arafah, dan menyembelih binatang di Mina.

Q2. Apakah ibadah haji wajib?
A2. Ya, ibadah haji adalah wajib bagi umat Muslim yang mampu menunaikannya.

Q3. Apakah ibadah haji hanya diwajibkan sekali seumur hidup?
A3. Ya, ibadah haji hanya diwajibkan sekali seumur hidup.

Q4. Apa alasan orang melakukan ibadah haji lebih dari sekali?
A4. Alasan orang melakukan ibadah haji lebih dari sekali bisa bervariasi. Mereka mungkin ingin melakukannya lagi karena ingin merasakan lagi pengalaman ibadah haji yang luar biasa. Mereka juga mungkin ingin melakukannya lagi untuk mengingatkan diri mereka tentang makna haji.

Q5. Apa hukum yang berlaku untuk ibadah haji?
A5. Hukum yang berlaku untuk ibadah haji adalah bahwa ibadah haji hanya diwajibkan sekali seumur hidup. Dengan demikian, setiap orang yang mampu harus menunaikan ibadah haji sekali seumur hidup.

BACA JUGA:   Anak-Anak Daftar Jamaah Haji, Tips Mengajari Mereka Memahami Arti Penting Haji Sejak Dini