Skip to content
Home » Apakah Masturbasi Disiang Hari Pada Bulan Ramadhan Membatalkan Puasa?

Apakah Masturbasi Disiang Hari Pada Bulan Ramadhan Membatalkan Puasa?

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Saat melakukan puasa, seorang muslim harus menahan diri dari makan, minum, dan melakukan segala hal yang dapat membatalkan puasanya dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, banyak pertanyaan yang muncul di antara umat muslim seputar hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Salah satunya adalah masturbasi disiang hari pada bulan Ramadhan. Apakah hal tersebut bisa membatalkan puasa?

Masturbasi atau onani merupakan tindakan memuaskan diri seksual dengan merangsang alat kelamin sendiri. Saat melakukan masturbasi, sering kali seseorang mencapai orgasme dan mengeluarkan cairan atau sperma. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah masturbasi dapat membatalkan puasa.

Dalam Islam, membatalkan puasa dapat terjadi karena beberapa hal seperti makan, minum, dan berhubungan seksual di siang hari. Namun, apakah masturbasi termasuk di dalamnya?

Jawabannya adalah iya. Masturbasi di siang hari pada bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa seseorang. Sebab, tindakan tersebut dapat menimbulkan ejakulasi dan mengeluarkan cairan tubuh yang dapat memecahkan puasa seseorang. Selain itu, menjaga nafsu syahwat juga termasuk di dalam ibadah puasa.

Namun, tidak semua orang menyadari bahaya yang timbul saat melakukan masturbasi. Selain membatalkan puasa, juga dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Misalnya, ketagihan yang sangat sulit dihindari, masalah pengaturan diri, kecemasan, dan depresi.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga diri dari tindakan masturbasi, terlebih lagi saat melaksanakan puasa. Puasa merupakan momen untuk meningkatkan kedisiplinan dan keimanan kepada Allah SWT.

Penting juga untuk membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat dan positif untuk menghindari kelalaian dan tindakan yang dapat membatalkan puasa. Selain itu, membiasakan diri untuk membaca Al-Quran dan melakukan amalan ibadah lainnya juga dapat menjaga keimanan dan ketakwaan kita.

BACA JUGA:   3 Perkara yang Tidak Diterima Puasa Ramadhan: Menggugurkan Kandungan, Berbohong, dan Mengkonsumsi Obat Terlarang

Sekian artikel mengenai apakah masturbasi disiang hari pada bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas dan berguna bagi umat muslim dalam menjalankan puasanya. Yuk, jaga nafsu dan kedisiplinan diri untuk meningkatkan pengalaman menjalankan puasa dengan lebih bermakna dan berkualitas di bulan Ramadhan.