Skip to content
Home » Apakah Puasa di Bulan Ramadhan Diperbolehkan Menggunting Kuku?

Apakah Puasa di Bulan Ramadhan Diperbolehkan Menggunting Kuku?

Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu ibadah yang dijalankan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Ketika berpuasa, terdapat beberapa aturan dan larangan yang harus dipatuhi agar puasa tersebut sah dan diterima oleh Allah SWT. Salah satu pertanyaan yang kerap diajukan oleh orang yang berpuasa adalah apakah diperbolehkan menggunting kuku saat berpuasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas apakah membentak anak baik untuk dimasukkan dalam metode pengasuhan.

Apa itu Puasa?

Puasa adalah salah satu pengabdian dalam agama Islam yang harus dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Puasa dijalankan selama bulan Ramadhan, yaitu bulan kesembilan dalam kalender Hijriah, dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Muslim ketika sudah mencapai usia dewasa.

Aturan Puasa

Ketika berpuasa, terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh umat Muslim. Aturan-aturan tersebut antara lain:

  • Tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari
  • Tidak berhubungan badan dengan pasangan suami istri saat berpuasa
  • Tidak merokok atau menggunakan barang-barang yang mengandung zat yang dapat membatalkan puasa
  • Tidak boleh meludah atau berkumur-kumur saat berpuasa
  • Tidak makan atau minum dengan sengaja atau melakukan tindakan apapun yang dapat membatalkan puasa
  • Tidak membentak anak saat berpuasa

Apakah Diperbolehkan Menggunting Kuku Ketika Berpuasa?

Saat berpuasa, diharapkan bahwa umat Muslim dapat menjaga diri dari melakukan tindakan yang dapat membatalkan puasanya. Apakah menggunting kuku termasuk dalam tindakan yang dapat membatalkan puasa? Jawabannya adalah tidak.

Menggunting kuku bukanlah tindakan yang dapat membatalkan puasa. Oleh karena itu, umat Muslim dapat menggunting kuku ketika sedang berpuasa tanpa harus khawatir puasanya menjadi batal. Namun, sebaiknya menghindari memotong kuku dengan tangan saat berpuasa, karena tangan dapat terluka dan menyebabkan darah keluar. Hal ini dapat membatalkan puasa karena mengeluarkan darah secara sengaja saat berpuasa dilarang.

BACA JUGA:   Apakah Tidak Boleh Bayar Puasa Ramadhan?

Kesimpulan

Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu ibadah yang harus dijalankan oleh umat Muslim. Ketika berpuasa, terdapat beberapa aturan dan larangan yang harus dipatuhi agar puasa tersebut sah dan diterima oleh Allah SWT. Menggunting kuku bukanlah tindakan yang dapat membatalkan puasa sehingga umat Muslim dapat menggunting kuku ketika sedang berpuasa tanpa harus khawatir puasanya menjadi batal. Namun, sebaiknya menghindari memotong kuku dengan tangan saat berpuasa untuk menghindari luka dan pengeluaran darah yang dapat membatalkan puasa.

Sebagai seorang Muslim, kita harus selalu mematuhi aturan-aturan dalam menjalankan ibadah puasa agar puasa tersebut sah dan diterima oleh Allah SWT. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui apakah diperbolehkan menggunting kuku saat berpuasa di bulan Ramadhan.