Skip to content
Home » Apakah umur 70 bisa naik haji?

Apakah umur 70 bisa naik haji?

Apakah umur 70 bisa naik haji?

Apakah Umur 70 Bisa Naik Haji?

Haji, atau ibadah suci ke Mekah, adalah salah satu ibadah yang paling disukai oleh orang-orang Islam. Setiap tahun, ribuan orang Islam dari seluruh dunia berangkat ke Mekah untuk melakukan ibadah haji. Namun, bagaimana jika seseorang berusia 70 tahun atau lebih? Apakah mereka masih dapat melakukan ibadah haji?

Pada prinsipnya, seseorang yang berusia 70 tahun atau lebih dapat melakukan ibadah haji. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan haji. Di bawah ini adalah persyaratan-persyaratan tersebut.

Persyaratan Umum Haji

Ketika memutuskan untuk melakukan ibadah haji, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah persyaratan-persyaratan umum yang harus dipenuhi:

1. Seseorang harus berusia di atas 12 tahun.
2. Seseorang harus memiliki cukup uang untuk melakukan ibadah haji.
3. Seseorang harus sehat secara fisik dan mental.
4. Seseorang harus mengikuti semua aturan haji yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

Persyaratan Khusus untuk Orang Berusia 70 Tahun

Sebagai tambahan dari persyaratan-persyaratan umum di atas, orang yang berusia 70 tahun atau lebih juga harus memenuhi persyaratan khusus. Berikut ini adalah persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh orang berusia 70 tahun:

1. Mereka yang diizinkan melaksanakan ibadah haji adalah jemaah yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap yang jenis vaksinnya disetujui oleh Kementerian Kesehatan Saudi.
2. Orang berusia 70 tahun atau lebih harus dipersiapkan secara medis sebelum mereka dapat melakukan ibadah haji.
3. Orang-orang berusia 70 tahun atau lebih harus memiliki izin keluar dari dokter mereka sebelum melakukan ibadah haji.

BACA JUGA:   Cara Daftar Haji Surabaya 2019

Prosedur Haji untuk Orang Berusia 70 Tahun

Setelah memenuhi semua persyaratan di atas, orang berusia 70 tahun atau lebih dapat melanjutkan dengan prosedur haji. Berikut ini adalah prosedur haji yang harus diikuti oleh orang berusia 70 tahun atau lebih:

1. Pertama, orang berusia 70 tahun atau lebih harus mengajukan permohonan haji.
2. Setelah permohonan haji diterima, orang berusia 70 tahun atau lebih harus membayar biaya haji.
3. Selanjutnya, orang berusia 70 tahun atau lebih harus melakukan pemeriksaan medis.
4. Setelah itu, orang berusia 70 tahun atau lebih akan diberikan visa haji.
5. Setelah visa haji diterbitkan, orang berusia 70 tahun atau lebih akan diberangkatkan ke Mekah untuk melakukan ibadah haji.

Kekhawatiran Kesehatan

Meskipun orang berusia 70 tahun atau lebih dapat melakukan ibadah haji, ada beberapa kekhawatiran kesehatan yang perlu dipertimbangkan. Mereka yang berusia 70 tahun atau lebih harus mempertimbangkan kondisi kesehatan mereka sebelum memutuskan untuk melakukan ibadah haji.

Kekhawatiran Keamanan

Selain itu, orang yang berusia 70 tahun atau lebih juga harus mempertimbangkan keamanan mereka sebelum memutuskan untuk melakukan ibadah haji. Karena situasi di Timur Tengah yang tidak stabil, orang yang berusia 70 tahun atau lebih harus memastikan bahwa mereka aman sebelum melanjutkan dengan ibadah haji.

Kesimpulan

Pada dasarnya, seseorang yang berusia 70 tahun atau lebih dapat melakukan ibadah haji. Namun, mereka harus memenuhi persyaratan khusus untuk dapat melakukan haji. Selain itu, mereka juga harus mempertimbangkan kondisi kesehatan dan keamanan mereka sebelum memutuskan untuk melakukan ibadah haji.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQs)

1. Apakah orang berusia 70 tahun atau lebih dapat melakukan ibadah haji?

BACA JUGA:   Daftar Menu Bebek Haji Slamet HR Muhammad

Ya, orang berusia 70 tahun atau lebih dapat melakukan ibadah haji, asalkan mereka memenuhi persyaratan khusus yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

2. Apa yang harus dilakukan orang berusia 70 tahun atau lebih sebelum melakukan ibadah haji?

Orang berusia 70 tahun atau lebih harus memenuhi persyaratan khusus yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi, serta mempersiapkan diri secara medis dan memastikan keamanannya.

3. Apa saja persyaratan khusus untuk orang berusia 70 tahun atau lebih?

Persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh orang berusia 70 tahun atau lebih adalah: (1) mereka harus berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap yang jenis vaksinnya disetujui oleh Kementerian Kesehatan Saudi; (2) mereka harus dipersiapkan secara medis sebelum melakukan ibadah haji; dan (3) mereka harus memiliki izin keluar dari dokter mereka sebelum melakukan ibadah haji.

4. Apa yang harus dilakukan orang berusia 70 tahun atau lebih setelah memenuhi persyaratan khusus?

Setelah memenuhi persyaratan khusus, orang berusia 70 tahun atau lebih harus mengajukan permohonan haji, membayar biaya haji, melakukan pemeriksaan medis, dan menerima visa haji. Setelah itu, mereka dapat diberangkatkan ke Mekah untuk melakukan ibadah haji.

5. Apa saja kekhawatiran kesehatan dan keamanan yang harus dipertimbangkan oleh orang berusia 70 tahun atau lebih sebelum melakukan ibadah haji?

Orang berusia 70 tahun atau lebih harus mem