Skip to content
Home » Arti dan Makna Doa untuk yang Berangkat Haji

Arti dan Makna Doa untuk yang Berangkat Haji

Doa adalah permohonan yang dilakukan oleh seseorang kepada Allah SWT. Berangkat ke Tanah Suci merupakan salah satu impian umat Muslim. Melakukan ibadah haji yang sudah diwajibkan ini merupakan cara untuk memperbaiki diri agar lebih dekat dengan Tuhan. Doa untuk yang berangkat haji sangat penting sebagai wujud permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan keberkahan dan keselamatan dalam perjalanan ibadah tersebut.

Berikut beberapa doa untuk yang berangkat haji yang dapat menjadi pedoman Anda:

Doa ketika akan berangkat haji

"Labbaika Allahumma labbaik. Labbaika la syarika laka labbaik. Inal hamda wan niumata laka wal mulk, la syarika lak."

Arti: "Aku menjawab panggilan-Mu, ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu. Aku menjawab panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya seluruh pujian, nikmat, dan kerajaan adalah kepunyaan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu."

Doa ini merupakan doa wajib bagi jemaah haji ketika akan memulai perjalanan ke Tanah Suci. Doa ini mengandung makna bahwa semua yang dimiliki manusia di dunia ini hanyalah milik Allah SWT semata dan kita menunaikan haji hanya untuk meraih keridhaan-Nya semata.

Doa saat menempuh perjalanan

"Subhanalladzi sakhkhara lana haadza wama kunna lahu muqrinin wa inna ila rabbina lamunqalibun."

Arti: "Maha Suci Allah yang menundukkan segala sesuatu untuk kami, padahal seandainya Dia tidak menundukkan itu, niscaya kami tidak akan dapat menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Doa ini digunakan saat perjalanan haji telah dimulai. Dalam perjalanan menuju Tanah Suci, kita akan melewati berbagai rintangan dan tantangan. Melalui doa ini, kita memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kemudahan dan keselamatan dalam menempuh perjalanan.

BACA JUGA:   Contoh Doa Walimatussafar Haji

Doa saat memasuki Tanah Suci

"Allahumma inna nas aluka fadhlaka, wa rahmataka, wa anna mina ala’rizqiin."

Arti: "Ya Allah, kami memohon keutamaan-Mu, kasih sayang-Mu, dan agar kami termasuk dalam golongan yang diberi rezeki."

Doa ini digunakan saat sudah memasuki Tanah Suci. Doa ini meminta pertolongan dan keberkahan dari Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam menunaikan ibadah haji.

Doa saat naik ke Jabal Rahmah

"La ilaha illallah wallahu akbar, la ilaha illallah wallahu akbar, la ilaha illallah wallahu akbar."

Arti: "Tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah dan Allah Maha Besar. Tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah dan Allah Maha Besar. Tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah dan Allah Maha Besar."

Doa ini digunakan saat naik ke Jabal Rahmah, yang merupakan tempat paling suci di Tanah Suci. Jabal Rahmah menjadi tempat yang sangat penting dalam ibadah haji karena di sinilah Nabi Adam AS dan Siti Hawa bertemu kembali setelah dipisahkan selama beberapa waktu. Melalui doa ini, jamaah haji menyatakan keimanan dan penghambaan kepada Allah SWT.

Doa saat tawaf

"Bismillahi Allahu Akbar."

Arti: "Dalam nama Allah, Allah Maha Besar."

Doa ini digunakan saat melakukan tawaf, yang merupakan salah satu rukun haji. Tawaf adalah berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali searah jarum jam. Doa ini dipakai sebagai awal tawaf sebagai tanda penghormatan kepada Allah SWT dan bahwa seluruh aktivitas dalam ibadah haji dilakukan semata-mata untuk mengharapkan keridhaan Allah SWT.

Menjalankan Ibadah Secara Khusyuk, Ikhlas dan Benar

Selain doa-doa di atas, hal yang tak kalah penting dalam melaksanakan ibadah haji adalah menjalankannya dengan khusyuk, ikhlas, dan sesuai dengan tata aturan yang berlaku. Bagi umat Muslim, haji merupakan ibadah yang sangat penting karena merupakan puncak dari keimanan. Karena itu, ibadah haji juga memerlukan persiapan yang matang, baik secara fisik maupun mental.

BACA JUGA:   Kumpulan Doa-doa Orang Haji dan Agar Segera Naik Haji

Dalam menjalankan ibadah haji, jangan lupa juga untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan dan kemudahan dalam melaksanakan ibadah ini. Dengan doa yang khusyuk dan tekun, Insya Allah perjalanan haji Anda akan terasa lebih lancar dan mendatangkan keberkahan bagi diri Anda dan keluarga.

Kesimpulan

Berdoa merupakan wujud keimanan dan pengabdian kepada Allah SWT. Melakukan ibadah haji dengan merendahkan diri dan memohon petunjuk serta kemudahan kepada Allah SWT adalah wahana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu berdoa saat sebelum, saat, dan setelah menjalankan ibadah haji. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan serta keberkahan bagi kita semua. Aamiin.