Skip to content
Home » Aturan Bermesraan Saat Puasa Ramadhan

Aturan Bermesraan Saat Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain sebagai ibadah yang wajib dilakukan bagi setiap muslim, puasa juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita. Namun, selain menahan diri dari makan dan minum selama sehari penuh, ada beberapa aturan bermesraan saat puasa Ramadhan yang perlu diperhatikan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Aturan Bersentuhan

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa ada beberapa aturan bermesraan saat puasa Ramadhan yang terkait dengan bersentuhan. Dalam Islam, bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan muhrim dilarang, kecuali dalam keadaan yang sangat penting, misalnya untuk keperluan medis atau dalam situasi darurat. Namun, saat berpuasa Ramadhan, aturan ini menjadi lebih ketat.

Pada bulan suci ini, semua sentuhan yang dilakukan dengan lawan jenis yang bukan muhrim dianggap mengurangi pahala puasa. Oleh karena itu, hindarilah melakukan sentuhan seperti berjabat tangan atau salaman dengan lawan jenis yang bukan muhrim. Namun, untuk sentuhan yang bersifat kekeluargaan seperti pelukan atau cium pipi, bisa dilakukan dengan keluarga dekat yang sudah memiliki hubungan yang baik dan saling mengenal.

Aturan Berkumpul

Selain aturan bermesraan saat puasa Ramadhan terkait dengan bersentuhan, ada juga aturan berkumpul yang perlu diperhatikan. Saat berpuasa Ramadhan, sebaiknya hindari berkumpul dengan orang yang tidak dikenal atau orang yang memiliki niat tidak baik. Hal ini dilakukan untuk menghindari godaan dan mengurangi kemungkinan untuk melakukan perbuatan yang tidak baik.

Selain itu, sebaiknya hindari juga berkumpul dengan teman-teman yang suka mengajak makan atau minum saat waktu berbuka tiba. Hal ini dilakukan untuk menjaga diri dari godaan untuk tidak melanggar puasa.

BACA JUGA:   Niat Doa Bayar Puasa Ramadhan

Aturan Berpakaian

Selain aturan bermesraan saat puasa Ramadhan terkait dengan bersentuhan dan berkumpul, ada juga aturan berpakaian yang perlu diperhatikan. Saat berpuasa Ramadhan, sebaiknya hindari memakai pakaian yang terlalu terbuka atau ketat. Hal ini dilakukan untuk menjaga aurat dan menghindari godaan yang dapat mengurangi pahala puasa.

Selain itu, hindari juga memakai pakaian yang berbau kuat atau terlalu mencolok, karena hal ini dapat mengganggu orang lain yang sedang berpuasa.

Kesimpulan

Dalam melakukan puasa Ramadhan, selain menahan diri dari makan dan minum selama sehari penuh, ada beberapa aturan bermesraan yang perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesucian hati dan menghindari godaan yang dapat mengurangi pahala puasa. Hindari sentuhan, berkumpul dengan orang yang tidak dikenal, dan memakai pakaian yang tidak sopan saat berpuasa. Dengan menjalankan aturan bermesraan ini, kita dapat menjaga kualitas ibadah puasa Ramadhan kita menjadi lebih maksimal.