Skip to content
Home » Bacaan atau Doa yang Dibaca Ketika Haji

Bacaan atau Doa yang Dibaca Ketika Haji

Ketika melakukan ibadah haji, ada berbagai bacaan atau doa yang dibaca oleh jamaah sebagai bagian dari ritual. Setiap doa dan bacaan pada masa haji memiliki arti yang sangat penting, sehingga ketelitian dalam pelafalan dan pemahaman dalam berdoa sangat diperlukan.

Bacaan saat Thawaf

Thawaf adalah salah satu ritual penting dalam ibadah haji. Pada tahap ini, jamaah bergerak mengelilingi Ka’bah yang merupakan kiblat umat muslim. Berikut ini adalah bacaan pada tahap Thawaf:

  1. Niat dalam hati untuk thawaf misalnya: “Saya berniat thawaf untuk Tuhan dengan tujuh kali putaran.”
  2. Setelah sampai di Hajar Aswad (Batuan Hitam), membaca “Bismillah, Allahu Akbar” kemudian mencium atau menyentuh Hajar Aswad.
  3. Membaca doa saat melakukan thawaf. Doa thawaf setelah finish thawaf sebanyak tujuh kali putaran diteruskan dengan shalat Sunnah Raudhah.

Bacaan Saat Sai

Sai adalah bagian dari ritual haji yang melibatkan berjalan diantara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Berikut ini adalah bacaan pada tahap Sai:

  1. Niat dalam hati untuk Sai.
  2. Membaca doa masing-masing saat di Mas’alul Haram (tempat Sai dimulai)
  3. Ini tidak harus dibaca, tetapi lebih baik memperbanyak bacaan Doa selama Sai selesai.

Bacaan Saat Tawaf Wada

Tawaf Wada adalah tahapa akhir dalam ibadah haji, yaitu melakukan thawaf untuk terakhir kali sebelum meninggalkan Makkah. Berikut ini adalah bacaan pada tahap Tawaf Wada:

  1. Niat thawaf wada.
  2. Begitu sampai di Hajar Aswad, mengucapkan takbir dengan kalimat “Bismillah, Allahu Akbar” kemudian mencium atau menyentuh Hajar Aswad.
  3. Membaca doa thawaf wada yaitu doa perpisahan atau doa para Nabi saat mengucapkan salam, yaitu "Assalamu ‘Alaika ayyuhan nabiyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh".
  4. Kemudian melakukan shalat sunah atau dua rokaat waktu mencapai Maqam Ibrahim.
BACA JUGA:   Doa untuk yang Berangkat Ibadah Haji

Dalam melaksanakan ibadah haji, pembaca harus mengikuti setiap tahap dengan berhati-hati dan konsentrasi penuh. Sebisa mungkin hindari gangguan dari faktor eksternal seperti hiruk-pikuk atau kebisingan yang dapat mengganggu konsentrasi. Dalam hal ini, tentu saja, kegiatan haji akan jauh lebih lancar dan mendekatkan jamaah pada Allah SWT.

Pelajari dan hafalkan bacaan dan doa-doa yang dibaca selama ibadah haji, sehingga Anda dapat berkonsentrasi sepenuhnya pada aktivitas ibadah yang Anda lakukan. Jangan lupa, selalu berdoa dan mengedepankan niat suci, semoga kehadiran Anda di Tanah Suci menjadi penuh berkah dan memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan masyarakat lainnya.

Mari kita bersama-sama memperkuat iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, dan memperbaiki akhlak serta menjalani kehidupan yang lebih baik. ###