Skip to content
Home » Bacaan Dalam Ibadah Haji

Bacaan Dalam Ibadah Haji

Ibadah haji adalah salah satu ibadah yang paling penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Setiap tahunnya, jutaan orang dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong ke Mekah untuk beribadah dan memenuhi rukun Islam yang kelima. Dalam pelaksanaan ibadah haji, ada banyak bacaan dan doa yang harus dibaca oleh jamaah haji.

Berikut adalah daftar bacaan dalam ibadah haji yang harus diketahui oleh jamaah haji:

Tawaf

Tawaf adalah bentuk ibadah yang dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah tujuh kali searah jarum jam. Berikut adalah bacaan-bacaan yang harus dibaca saat tawaf:

  1. Istighfar
  2. Bismillahirrahmanirrahim
  3. Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar
  4. Ayat Kursi
  5. Surah Al-Ikhlas
  6. Surah Al-Falaq
  7. Surah An-Nas
  8. Shalawat

Sa’i

Sa’i adalah bentuk ibadah yang dilakukan dengan berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Berikut adalah bacaan-bacaan yang harus dibaca saat sa’i:

  1. Bismillahirrahmanirrahim
  2. Rabbighfir warham wa anta khairurrahimin
  3. Allahu Akbar
  4. La ilaha illallah

Halaq

Halaq adalah proses mencukur rambut kepala sebagai penanda selesainya ibadah haji. Setelah mencukur rambut, jamaah haji disunnahkan untuk membaca:

  1. Bismillahirrahmanirrahim
  2. Allahumma taqabbal minni
  3. Shalawat

Tahallul

Tahallul adalah proses melepas pakaian ihram sebagai penanda selesainya ibadah haji. Setelah melepas pakaian ihram, jamaah haji disunnahkan untuk membaca:

  1. La ilaha illallah
  2. Allahu Akbar
  3. Alhamdulillah

Tahlil

Tahlil adalah proses membaca kalimat syahadat sebagai tanda bahwa seseorang telah menjadi seorang muslim. Tahlil ini dilakukan setelah selesai melakukan ibadah haji di Mekah. Berikut adalah bacaan syahadat yang harus dibaca:

  1. Ashhadu alla ilaha illallah wa ashhadu anna Muhammadan Rasulullah

Itulah beberapa bacaan yang harus diketahui oleh jamaah haji dalam pelaksanaan ibadah haji. Dengan memahami bacaan-bacaan ini, jamaah haji akan lebih mudah dalam melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk selalu membaca doa dan meminta ampunan kepada Allah selama menjalankan ibadah haji. Semoga Allah menerima ibadah haji kita semua.

BACA JUGA:   Cara Praktis Mengurus Daftar Haji Lewat Mandiri Syariah