Skip to content
Home » Bacaan Haji Yang Wajib Dan Sunnah Di Dalam Ibadah Haji Atau Umrah

Bacaan Haji Yang Wajib Dan Sunnah Di Dalam Ibadah Haji Atau Umrah

Apa saja bacaan haji?

Apa saja Bacaan Haji?

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib diperbuat oleh setiap muslim yang memiliki kemampuan. Pada saat melaksanakan ibadah haji, ada bacaan-bacaan tertentu yang harus dibaca oleh para jamaah. Bacaan-bacaan itu disebut bacaan haji. Melalui artikel ini, kami akan mengulas tentang apa saja bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji.

Apa Itu Bacaan Haji?

Bacaan haji adalah kalimat-kalimat yang harus dibaca oleh para jamaah haji selama menjalankan ibadah haji. Bacaan haji ini terdiri dari beberapa kalimat yang harus dibaca bersama-sama oleh para jamaah haji. Bacaan haji ini harus dibaca dengan tekun dan penuh khusyuk.

Bacaan Haji Pertama: Labbaik Allahumma Labbaik

Labbaik Allahumma Labbaik adalah salah satu bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji. Bacaan ini berarti “aku datang menjawab panggilan-Mu, wahai Tuhan”. Bacaan ini harus dibaca saat para jamaah haji melakukan perjalanan menuju Tanah Suci, Makkah.

Bacaan Haji Kedua: Labbaik Laa Syarika Laka Labbaik

Bacaan Labbaik Laa Syarika Laka Labbaik adalah bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji selama melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Aku datang menjawab panggilan-Mu, dan tidak ada sekutu bagi-Mu. Aku datang menjawab panggilan-Mu”.

BACA JUGA:   Daftar Haji Bank Syariah Mandiri

Bacaan Haji Ketiga: Innal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk La Syarika Laka

Bacaan Innal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk La Syarika Laka adalah bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Segala puji dan nikmat adalah milik-Mu, dan segala kekuasaan adalah milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu”.

Bacaan Haji Keempat: Allahu Akbar

Allahu Akbar adalah salah satu bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Allah adalah yang paling besar”. Bacaan ini harus dibaca dengan nada yang tinggi dan keras.

Bacaan Haji Kelima: Subhanallah

Bacaan Subhanallah adalah bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Kebesaran hanya milik Allah”.

Bacaan Haji Keenam: Alhamdulillah

Bacaan Alhamdulillah adalah bacaan yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Segala puji hanya milik Allah”.

Bacaan Haji Ketujuh: Laa ilaha illallah

Bacaan Laa ilaha illallah adalah bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Tidak ada Tuhan selain Allah”.

Bacaan Haji Kedelapan: Laa Hawla Wala Quwwata Illa Billah

Bacaan Laa Hawla Wala Quwwata Illa Billah adalah bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah”.

Bacaan Haji Kesembilan: Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar

Bacaan Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar adalah bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Segala kemuliaan hanya milik Allah, segala puji hanya milik Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, dan Allah adalah yang paling besar”.

BACA JUGA:   Berita Terkini tentang Nomor Daftar Haji

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan-bacaan haji tersebut adalah Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaik Laa Syarika Laka Labbaik, Innal Hamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk La Syarika Laka, Allahu Akbar, Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaha illallah, Laa Hawla Wala Quwwata Illa Billah, dan Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar. Para jamaah haji harus membaca bacaan-bacaan tersebut dengan tekun dan penuh khusyuk.

FAQs

Q1: Apa itu bacaan haji?
A1: Bacaan haji adalah kalimat-kalimat yang harus dibaca oleh para jamaah haji selama menjalankan ibadah haji.

Q2: Apa yang dimaksud dengan Labbaik Allahumma Labbaik?
A2: Labbaik Allahumma Labbaik adalah salah satu bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji. Bacaan ini berarti “aku datang menjawab panggilan-Mu, wahai Tuhan”.

Q3: Apakah bacaan haji harus dibaca dengan tekun dan khusyuk?
A3: Ya, bacaan haji harus dibaca dengan tekun dan penuh khusyuk.

Q4: Apa yang dimaksud dengan Allahu Akbar?
A4: Allahu Akbar adalah salah satu bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Allah adalah yang paling besar”.

Q5: Apa yang dimaksud dengan Laa Hawla Wala Quwwata Illa Billah?
A5: Laa Hawla Wala Quwwata Illa Billah adalah bacaan haji yang harus dibaca oleh para jamaah haji saat melakukan ibadah haji. Bacaan ini berarti “Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah”.