Skip to content
Home » Bacaan Niat Ibadah Haji: Panduan Lengkap bagi Calon Jemaah

Bacaan Niat Ibadah Haji: Panduan Lengkap bagi Calon Jemaah

Bismillahirrahmanirrahim, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang bacaan niat ibadah haji, yang merupakan salah satu syarat wajib bagi setiap calon jemaah haji. Ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu secara fisik dan finansial untuk melaksanakannya. Oleh karena itu, setiap calon jemaah harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum berangkat ke tanah suci.

Seperti yang telah diketahui, bacaan niat ibadah haji merupakan salah satu rukun dari ibadah haji. Sehingga sangat penting bagi setiap calon jemaah untuk memahami dan menghafalkan bacaan niat tersebut sebelum berangkat ke tanah suci. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang bacaan niat ibadah haji.

Pengertian Bacaan Niat Ibadah Haji

Bacaan niat ibadah haji merupakan kalimat yang diucapkan oleh setiap calon jemaah haji sebagai tanda kesungguhan dan niat dalam melaksanakan ibadah haji. Biasanya, bacaan niat ini dilafalkan saat calon jemaah bertekad untuk memperoleh keberkahan dan ampunan dari Allah SWT dengan mengikuti rangkaian ibadah haji secara lengkap.

Cara Membaca Bacaan Niat Ibadah Haji

Berikut ini adalah bacaan niat ibadah haji yang harus diucapkan oleh setiap calon jemaah sebelum memulai pelaksanaan ibadah haji:

لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ عُمْرَةً

Labbaikallahumma Umrah

Artinya: “Aku menyahut panggilan-Mu ya Allah, melakukan ‘umrah.”

Setiap calon jemaah harus mengucapkan bacaan niat ini dengan penuh kesungguhan dan khusyu’. Lebih baik pula jika calon jemaah membaca bacaan niat ini berkali-kali sebelum melaksanakan ibadah haji.

Kapan Bacaan Niat Ibadah Haji Dibaca?

Setiap calon jemaah haji harus membaca bacaan niat saat menginjakkan kaki di miqat atau tempat-tempat yang telah ditentukan oleh syariat. Bacaan niat juga harus dilafalkan saat memulai pelaksanaan ibadah haji seperti saat memasuki Masjidil Haram untuk melaksanakan thawaf dan sa’i.

BACA JUGA:   Ibadah Haji Diwajibkan pada Tahun Ke: Panduan Pelaksanaan Haji

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang bacaan niat ibadah haji. Setiap calon jemaah harus memahami dan menghafalkan bacaan niat tersebut sebelum berangkat ke tanah suci. Sebagai calon jemaah, kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum.