Skip to content
Home » Bacaan Puasa Ramadan: Meringankan Perjalanan Spiritual

Bacaan Puasa Ramadan: Meringankan Perjalanan Spiritual

Puasa Ramadan merupakan bagian dari ibadah Islam yang menjadi salah satu sarana untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Selain menahan diri dari makan, minum, dan nafsu, sebagai umat muslim kita juga diwajibkan untuk memperbanyak bacaan puasa Ramadan. Membaca doa-doa dan ayat suci Al-Quran secara rutin selama 30 hari akan membantu meringankan perjalanan spiritual kita menuju keberkahan Ramadan.

Doa-doa Puasa Ramadan

Doa merupakan wujud ibadah yang paling mudah dilakukan pada setiap kesempatan, termasuk selama bulan Ramadan. Selain memohon ampunan dan rahmat Allah SWT, berdoa juga dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita.

Berikut beberapa doa puasa Ramadan yang bisa diamalkan setiap hari:

Doa Berbuka Puasa

“Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika aftartu”

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.

Doa Sebelum Makan Sahur

“Allahumma salli ‘ala Muhammad wa Ali Muhammad, wa ajjil farajahum”

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas Nabi Muhammad dan keluarganya, serta kabulkanlah permohonan mereka.

Doa Sesudah Makan Sahur

“Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nuthni ‘alaikal khair, wa nasyukuruka wa laa nakfuruka wa nakhla’u wa natruku mai yafjuruka, Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘adhabaka inna ‘adhabaka bil kuffari mulhiq”

Artinya: Ya Allah, kami memohon pertolongan, memohon ampunan, dan beriman kepada-Mu. Kami bertawakal pada-Mu, dan memohon kebaikan dari-Mu. Kami bersyukur dan tidak ingkar, dan kami meninggalkan orang yang durhaka pada-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu kami beribadah, dan hanya kepada-Mu kami bersujud dan bersimpuh. Kami berharap rahmat-Mu dan takut akan siksa-Mu. Sesungguhnya, siksa-Mu untuk orang-orang kafir adalah sangat pedih.

BACA JUGA:   Cara Keramas Saat Puasa Ramadan: Doa Niat Keramas & Panduan Lengkap

Doa Iftar

“Allahumma inni laka sumtu wa bika amantu wa ‘ala rizqika aftartu”

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.

Ayat Suci Al-Quran

Bacaan puasa Ramadan tidak lengkap rasanya tanpa membaca ayat suci Al-Quran setiap hari. Selama bulan Ramadan, umat muslim diimbau untuk memperbanyak membaca kitab suci sebagai bentuk penghormatan serta untuk meningkatkan pemahaman dan keimanan.

Berikut beberapa ayat Al-Quran yang pas untuk dibaca selama bulan Ramadan:

Surah Al-Baqarah Ayat 183-185

“Ya ayyuha allathina amanu kutiba ‘alaykumu alssiyamu kama kutiba ‘ala allathina min qablikum la’allakum tattaquna. Ayamam ma’dudat, faman kana min kum maridan aw ‘ala safarin fa’iddatun min ayyamin ukhar, wa allathina yutiquna hu fidyatun ta’amu miskeen, faman tatawwa’a khayran fa huwa khayrun lahu wa antum ta’tasuuna wa antum ta’taqununa.”

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan bagi orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. Puasa itu wajib ditunaikan selama beberapa hari saja. Barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan, maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang yang mempunyai kemampuan untuk berpuasa (namun) dengan kesusahan), membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Surah Ar-Rahman Ayat 26-27

“Kullu man ‘alayha fan, wa yabqa wajhu rabbika dhuljalali wal ikram.”

Artinya: Padahal apa saja di dalam bumi itu (jenis harta) akan lenyap, dan yang kekal hanyalah wajah Tuhanmu yang mempunyai keagungan dan kemuliaan.

BACA JUGA:   Cara Melaksanakan Niat Puasa Qadha Ramadhan di Hari Senin

Surah Al-Fajr Ayat 27-30

“Ya ayyatuhan nafsul mutma-inn, irj’i ila rabbiki radiyatan mardiyya, fadkhuli fi ibadi, wadkhuli jannati.”

Artinya: Hai jiwa yang tenang! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas dan diridhai. Masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku.”

Kesimpulan

Puasa Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan keberkahan. Dengan memperbanyak bacaan puasa Ramadan seperti doa-doa dan ayat suci Al-Quran, kita dapat memperkuat spiritualitas kita dan meraih berbagai kebaikan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT. Mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan terus meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita. Mohon maaf lahir dan batin.