Skip to content
Home ยป Bagaimana Akibat Jika Memakan Harta yang Kotor karena Mengabaikan Zakat

Bagaimana Akibat Jika Memakan Harta yang Kotor karena Mengabaikan Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang mampu. Zakat adalah ibadah yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim yang memiliki harta yang mencapai nisab atau batas tertentu. Zakat bukan hanya sekadar memberikan harta, namun ia juga menjadi tanggung jawab sosial seorang muslim untuk membantu sesama yang membutuhkan. Jika seseorang mengabaikan kewajiban zakatnya, maka akan memberikan dampak buruk bagi dirinya sendiri.

Mengabaikan Zakat adalah Tindakan Durhaka

Mengabaikan kewajiban zakat adalah tindakan durhaka kepada Allah SWT. Allah SWT adalah pemilik sebenarnya dari harta yang kita miliki. Kita hanya menjadi pemilik sementara atas harta yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan bersedekah kepada sesama yang membutuhkan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah-Nya.

Jika kita memakan harta yang kotor karena mengabaikan kewajiban zakat, maka kita telah melakukan tindakan yang melanggar perintah Allah SWT. Tindakan tersebut akan membawa akibat buruk bagi diri kita sendiri di dunia dan akhirat.

Akibat Mengabaikan Zakat di Dunia

Mengabaikan kewajiban zakat akan memberikan dampak buruk bagi diri kita sendiri di dunia. Pertama adalah kurangnya berkah pada harta yang dimiliki. Jika kita tidak membayar zakat, maka harta yang kita miliki tidak akan diridhai oleh Allah SWT. Kita tidak akan mendapatkan berkah dari harta tersebut meskipun jumlahnya banyak.

Kedua, tidak membayar zakat akan membuat kita menjadi serakah dan tamak. Kita cenderung ingin terus menimbun harta kita tanpa memikirkan orang-orang yang membutuhkan. Hal ini dapat membuat kita menjadi tidak bahagia dan merasa tidak punya makna dalam hidup.

BACA JUGA:   Kapan Batas Terakhir Seseorang Membayar Zakat Fitrah

Ketiga, ketidaktelitian dalam membayar zakat dapat membuat kita terjebak dalam hutang dan masalah keuangan. Hutang tersebut tidak akan pernah terbayarkan kecuali kita membayar zakat dengan benar. Kita juga bisa mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari karena tidak adanya berkah dalam harta kita.

Akibat Mengabaikan Zakat di Akhirat

Mengabaikan kewajiban zakat akan memberikan dampak buruk bagi diri kita sendiri di akhirat. Pertama, kita akan mempertanggungjawabkan setiap harta yang tidak kita zakatkan di hadapan Allah SWT. Hal ini dapat membuat kita merasa menyesal karena tidak melakukan kewajiban yang diamanatkan.

Kedua, tidak membayar zakat dapat membuat kita masuk ke dalam neraka. Allah SWT memerintahkan kita untuk membayar zakat sebagai salah satu cara untuk membersihkan harta kita dari kotoran dan dosa. Jika kita tidak membayar zakat, maka harta kita akan kotor dan tidak bisa membersihkan dosa. Hal ini dapat membuat kita terjerat dalam dosa dan masuk ke dalam neraka.

Kesimpulan

Mengabaikan kewajiban zakat adalah tindakan yang durhaka kepada Allah SWT. Hal ini dapat memberikan dampak buruk bagi diri sendiri di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, kita harus selalu membayar zakat dengan benar dan tepat waktu. Kita juga harus berusaha untuk membantu sesama yang membutuhkan karena zakat adalah bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT dan tanggung jawab sosial sebagai seorang muslim. Mari kita jaga harta kita dari kotoran dan dosa dengan membayar zakat dengan benar.