Skip to content
Home » Bagaimana Cara Menyalurkan Zakat Penghasilan

Bagaimana Cara Menyalurkan Zakat Penghasilan

Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang mampu untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Zakat penghasilan terdiri dari 2,5% dari penghasilan tahunan seseorang, dan harus dikeluarkan sebelum akhir tahun fiskal Islam. Bagi Anda yang ingin berzakat dari penghasilan, berikut adalah cara untuk menyalurkan zakat penghasilan Anda dengan benar.

Mengetahui Lembaga Zakat Resmi

Untuk menyalurkan zakat penghasilan, Anda harus mengetahui lembaga zakat resmi di negara Anda. Lembaga-lembaga ini dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah atau diakui oleh pemerintah. Di Indonesia terdapat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang merupakan lembaga zakat resmi. Pastikan Anda menyalurkan zakat ke lembaga yang sudah terpercaya dan sah.

Mengetahui Kategori Dalam Zakat Penghasilan

Zakat penghasilan dibagi menjadi 8 kategori penerima zakat, yaitu:

  1. Fakir
  2. Miskin
  3. Amil Zakat
  4. Muallaf
  5. Hamba Sahaya
  6. Gharimin
  7. Riqab
  8. Fi Sabilillah

Anda dapat memilih untuk menyalurkan zakat ke salah satu dari 8 kategori tersebut, atau memilih untuk menyalurkannya ke semua kategori yang disebutkan. Pastikan Anda mengetahui kriteria dari masing-masing kategori sehingga dana zakat Anda benar-benar termanfaatkan dengan baik.

Cara Menyalurkan Zakat Penghasilan

  1. Secara Langsung

Anda dapat menyalurkan zakat penghasilan secara langsung dengan cara mengirimkan dana zakat ke rekening lembaga zakat resmi yang telah dipilih. Pastikan Anda memberikan informasi yang benar dan valid agar dana zakat Anda dapat diterima tanpa masalah.

  1. Menggunakan Aplikasi Zakat

Saat ini, ada banyak aplikasi zakat yang tersedia di toko aplikasi online seperti Play Store atau App Store. Anda dapat memilih aplikasi zakat yang terpercaya dan mudah digunakan, dan melakukan pembayaran zakat penghasilan Anda melalui aplikasi tersebut.

  1. Melalui Kantor Pos
BACA JUGA:   Berapa Zakat Baznas Brebes Raih Award 2018?

Lembaga zakat resmi biasanya juga menyediakan layanan untuk menerima zakat penghasilan melalui kantor pos. Anda dapat mengunjungi kantor pos terdekat dan memberikan dana zakat Anda kepada petugas di sana.

  1. Melalui Agen Zakat

Beberapa lembaga zakat resmi juga memiliki agen zakat yang tersebar di berbagai daerah. Anda dapat menyalurkan zakat penghasilan melalui agen zakat tersebut dengan cara mengunjungi lokasi kantor agen tersebut.

Kesimpulan

Menyalurkan zakat penghasilan sangat penting untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Pastikan Anda mengetahui lembaga zakat resmi yang terpercaya, kategori penerima zakat yang sudah ditentukan, dan cara menyalurkan zakat penghasilan yang tepat. Dengan menyalurkan zakat penghasilan dengan benar, Anda telah memenuhi salah satu kewajiban dalam kehidupan beragama sebagai Muslim.