Skip to content
Home ยป Bagaimana Cara Menzakatkan Zakat Ternak

Bagaimana Cara Menzakatkan Zakat Ternak

Jika kamu memiliki hewan ternak seperti kambing atau sapi, maka kamu juga wajib membayar zakat pada setiap tahunnya. Zakat pada ternak dibayarkan sebagaimana zakat pada emas, perak, dan lain-lain. Lalu, bagaimana cara menzakatkan zakat ternak? Berikut ini adalah panduan yang dapat kamu ikuti.

Menghitung Jumlah Ternak

Pertama-tama, kamu harus menghitung jumlah ternak yang kamu miliki. Kamu dapat menghitungnya dengan cara mengalikan jumlah ternak dengan kadar nishab yang berlaku pada daerahmu. Kadar nishab yang berlaku dapat berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Namun, pada umumnya, kadar nishab untuk sapi adalah 30 ekor sapi dan untuk kambing adalah 40 ekor kambing.

Menentukan Besar Zakat

Setelah mengetahui jumlah ternak yang harus dikeluarkan zakatnya, selanjutnya kamu harus menentukan besar zakat yang harus dibayarkan. Besar zakat untuk ternak adalah 2,5% dari nilai ternak yang dimiliki. Nilai ternak dihitung dengan cara mengalikan harga ternak saat ini dengan jumlah ternak yang dimiliki.

Membayar Zakat

Setelah mengetahui besarnya zakat yang harus dibayarkan, selanjutnya kamu dapat membayarkan zakat kepada mustahik yang membutuhkan. Mustahik yang berhak menerima zakat adalah orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir, miskin, dan lain-lain. Saat membayar zakat, pastikan untuk mendapatkan bukti pembayaran agar kamu dapat mengetahui bahwa zakatmu telah diterima oleh orang yang berhak.

Kontribusi Sosial

Tidak hanya membayar zakat pada hewan ternakmu, kamu juga dapat memberikan kontribusi sosial dengan cara memberikan sumbangan kepada lembaga sosial atau wakaf untuk kepentingan umum. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan membuatmu merasa lebih bermanfaat bagi sesama.

BACA JUGA:   Apa Yang Dimaksud dengan Zakat Fitrah?

Kesimpulan

Menzakatkan zakat pada ternak adalah kewajiban bagi setiap orang yang memiliki ternak. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu dapat menzakatkan zakat dengan tepat dan mudah. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan kontribusi sosial sebagai bentuk kepedulianmu terhadap masyarakat sekitar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan panduan tentang cara menzakatkan zakat ternak.