Skip to content
Home » Bagaimana Cara Perhitungan Zakat Tabungan

Bagaimana Cara Perhitungan Zakat Tabungan

Zakat adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim dalam memenuhi persyaratan keislaman. Salah satu jenis zakat yang ada adalah zakat tabungan. Saat Anda memilih untuk menabung, ada baiknya Anda juga menghitung zakat yang harus dikeluarkan dari tabungan Anda.

Pengertian Zakat Tabungan

Zakat tabungan adalah zakat yang dibayarkan atas harta yang disimpan dalam jangka waktu minimal satu tahun. Dalam hal ini, harta yang dimaksud bisa berupa uang tunai, deposito, reksadana, obligasi, dan sejenisnya. Adapun zakat tabungan ini, biasanya dikenakan sebesar 2,5% dari nilai tabungan Anda.

Hitunglah Zakat Tabungan Anda

Dalam menghitung zakat tabungan, maka Anda perlu melakukan perhitungan yang cukup akurat dan cermat. Pertama-tama, Anda harus mengetahui berapa jumlah tabungan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki lebih dari satu jenis tabungan, maka Anda juga harus mengetahui total nilai semua tabungan Anda.

Setelah mengetahui total nilai tabungan Anda, Anda perlu menghitung nisab yang berlaku. Nisab zakat tabungan adalah sejumlah uang yang harus ada pada akhir setahun hijriyah sebelum tabungan tersebut dikenai zakat. Jika nisab zakat tabungan belum tercapai, maka tidak perlu membayar zakat.

Setelah mengetahui nisab, Anda bisa mulai menghitung jumlah yang harus dibayarkan sebagai zakat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengalikan total nilai tabungan dengan 2,5%. Sebagai contoh, jika Anda memiliki tabungan sebesar Rp 10 juta maka jumlah zakat yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 250 ribu.

Pembayaran Zakat Tabungan

Setelah menghitung zakat tabungan, Anda perlu membayarkan zakat tersebut pada orang yang berhak menerima zakat. Orang-orang yang berhak menerima zakat antara lain yatim piatu, fakir miskin, dan sebagainya.

BACA JUGA:   Yang Berhak Menerima Zakat Penjualan Tanah

Ada beberapa cara untuk membayar zakat tabungan, yaitu:

  • Membayar langsung ke pihak yang berhak menerima zakat
  • Membayar melalui lembaga amil zakat
  • Membayar melalui rekening bank yang disediakan oleh lembaga amil zakat

Kesimpulan

Menghitung zakat tabungan bisa menjadi hal yang membingungkan jika tidak memahami rumus perhitungan yang tepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui rumus perhitungan zakat tabungan sehingga anda bisa membayar zakat dengan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk menunaikan kewajiban zakat dengan lebih mudah.