Skip to content
Home » Bagaimana Kedudukan Zakat di Dalam Agama Islam

Bagaimana Kedudukan Zakat di Dalam Agama Islam

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim. Zakat memegang peranan penting dalam kehidupan seorang muslim karena berkaitan langsung dengan aspek sosial dan ekonomi.

Apa Itu Zakat?

Secara bahasa, zakat memiliki arti suci, tumbuh, atau berkembang. Sedangkan menurut istilah, zakat adalah harta yang dikeluarkan oleh seorang muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu untuk diberikan kepada golongan yang memenuhi kriteria penerima zakat.

Kedudukan Zakat di Dalam Agama Islam

Zakat memiliki kedudukan yang sangat penting di dalam agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari beberapa ayat Quran yang menjelaskan tentang zakat. Salah satu ayat tentang zakat yang cukup terkenal adalah ayat tentang rukun Islam yang kelima, yaitu:

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’." (QS Al-Baqarah:43)

Dalam ayat tersebut, zakat disebutkan bersama-sama dengan ibadah lainnya seperti shalat dan rukuk. Hal ini menunjukkan bahwa zakat memang memiliki kedudukan yang sangat penting di dalam agama Islam.

Tak hanya itu, zakat juga dianggap sebagai salah satu bentuk peribadatan yang penting bagi seorang muslim. Dalam hadist disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Islam dibangun di atas lima dasar, yaitu menyatakan bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadan, dan menunaikan haji ke Baitullah." (HR Bukhari)

Dari hadist tersebut, dapat dilihat bahwa zakat juga termasuk salah satu dasar dalam membangun Islam dan mendekatkan diri kepada Allah.

Hikmah dan Manfaat Zakat

Selain sebagai perintah Allah, zakat juga memiliki hikmah dan manfaat bagi kehidupan umat manusia. Beberapa manfaat dari zakat adalah:

  1. Membantu meringankan beban orang yang kurang mampu
BACA JUGA:   Apa Pengertian Zakat Secara Bahasa dan Istilah?

Zakat memberikan bantuan keuangan secara langsung kepada orang yang membutuhkan. Hal ini dapat membantu meringankan beban hidup dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

  1. Meningkatkan tali persaudaraan antar muslim

Dalam memberikan zakat, seorang muslim harus bersikap rendah hati dan tidak sombong. Hal ini dapat meningkatkan tali persaudaraan antar muslim dan memupuk rasa sosial yang tinggi.

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan

Dalam memberikan zakat, seorang muslim harus meyakini bahwa harta yang dimilikinya bukanlah milik pribadi semata namun juga milik Allah SWT. Hal ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang memiliki kedudukan penting di dalam agama Islam. Selain sebagai perintah Allah SWT, zakat juga memiliki manfaat dan hikmah bagi kehidupan umat manusia. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu berusaha untuk memenuhi kewajiban zakat sebagai seorang muslim yang taat.